Proses penilaian oleh Kantor Kemenag Kabupaten Bantul di Matsamaba, Rabu (31/1/2018). (IST/Dok Matsamaba) Proses penilaian oleh Kantor Kemenag Kabupaten Bantul di Matsamaba, Rabu (31/1/2018). (IST/Dok Matsamaba)
Sabtu, 3 Februari 2018 12:20 WIB Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja Pendidikan Share :

Lakukan Penilaian, Kemenag Bantul Kunjungi Matsamaba

Ada tiga kategori yang dinilai

Solopos.com, BANTUL-Kampus Hijau MTs Negeri 5 Bantul mendapat kunjungan Kantor Kemenag Kabupaten Bantul, Rabu (31/1/2018). Kunjungan dimaksudkan untuk mengadakan penilaian tiga kategori meliputi pemilihan PNS yang berbudaya kerja, administrasi pelaporan kegiatan, dan penilaian ruang kerja nyaman dan hijau (clean and green office).

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (1/2/2018), kunjungan itu dipimpin Kasubbag TU Kan Kemenag Bantul Nur Ahmad Ghozali dan diterima Kepala Madrasah Miftakhul Bakhri beserta staf. Menurut Nur Ahmad Ghozali, pemilihan PNS Berbudaya Kerja didasarkan pada Peraturan Pemerintah RI nomor 46 tahun 2011 tentang Tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai dan meningkatkan PNS berbudaya kerja, untuk administrasi dan pelaporan kerja berdasar Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 702 Tahun 2016 tentang Pedoman Perjanjian Kinerja, Perjanjian Kinerja dan Tatacara Review Laporan Kinerja pada Kementerian Agama.

“Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan tanggung jawab pelaporan kegiatan satuan atau unit kerja pada Kantor Kemenag Bantul, meningkatkan tertib administrasi, dan menertibkan laporan tepat waktu,” ujar dia.

Untuk PNS yang dinilai diwakili Guru Bahasa Inggris Joko Purwanto yang sudah mengabdi menjadi pendidik selama 16 tahun. Hal yang dinilai meliputi nilai SKP Tahun 2017, nilai Perilaku Kerja 2017, integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, keteladanan, prestasi, serta kreativitas.

Untuk prestasi, Joko Purwanto menyuguhkan empat prestasinya dalam meraih Dokumen Pengeleloaan Lingkungan Hidup sebagai dasar Program Adiwiyata dan im pendamping drumben. Untuk kreativitas, yang disuguhkan meliputi karya tulisannya di situs Matsamaba dan Lolos Administrasi Inobel Online Diknas.

Saat evaluasi Nur Ahmad Ghozali mengungkapkan, bahwa diadakannya penilaian adalah untuk memunculkan figur ASN yang sesuai dengan lima nilai budaya kerja, untuk melihat Tertib Administrasi Madrasah serta untuk melihat dari dekat Lingkungan Madrasah yang meliputi kebersihan ruang, kerapian ruang, kenyamanan ruang, penataan ruang dan sarpras serta outdoor ruang hijau.

Kepala MTsN 5 Bantul Miftakhul Bakhri menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari Kemenag Bantul. “Saya berharap penilaian ini membawa manfaat untuk peningkatan kualitas madrasah di masa mendatang, baik ASN, administrasi maupun lingkungan yang semakin nyaman dan tertata,” papar dia.

lowongan pekerjaan
SALESMAN/GIRL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…