Ilustrasi inflasi (Dok/JIBI) Ilustrasi inflasi (Dok/JIBI)
Sabtu, 3 Februari 2018 11:05 WIB Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com Madiun Share :

Beras Sumbang Inflasi di Kota Madiun Pada Januari 2018

Beras menjadi penyumbang terbesar dalam inflasi di Kota Madiun Januari 2018.

Solopos.com, MADIUN — Komoditas beras menjadi penyumbang terbesar dalam inflasi di Kota Madiun selama Januari 2018. Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun mencatat inflasi pada bulan Januari mencapai 0,62 %.

Kepala BPS Kota Madiun, Firman Bastian, mengatakan inflasi Kota Madiun pada Januari 2018 tercatat senilai 0,62% dan sumbangan inflasi terbesar yaitu dari harga beras mencapai 0,411%.

Pada bulan Januari lalu Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Madiun ada pada urutan kelima di antara delapan kota/kabupaten di Jawa Timur yang menjadi penghitung inflasi.

Inflasi tertinggi pada Januari 2018 yaitu terjadi di Kabupaten Banyuwangi dengan 0,70%. Disusul Malang, Sumenep, dan Surabaya. Sedangkan di bawah Kota Madiun, ada Jember, Probolinggo, dan Kediri dengan mencatat inflasi 0,14% atau paling rendah di Jatim.

“Sudah mulai terkendali. Sudah bukan yang tertinggi,” kata Firman, Jumat (2/2/2018).

Firman menuturkan inflasi di Kota Madiun terjadi karena adanya kenaikan IHK pasa seluruh komoditas.

Kelompok bahan makanan mengalami inflasi tertinggi sebesar 2,99%. Kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan mengalami inflasi 0,17%. Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar mengalami inflasi 0,08%.

Kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga mengalami inflasi 0,06%. Kelompok kesehatan 0,06%. Kelompok sandang 0,05%. Kelompok makanan jadi, minuman, rokok, san tembakau 0,04%.

“Yang paling memengaruhi inflasi pada Januari ini adalah beras, daging ayam ras, bensin, mobil, dan sepeda motor. Beras naiknya mencapai 9,4% harganya dan sumbangan beras ini sampai 0,411% dalam inflasi kali ini,” jelas dia dalam siaran pers dari Pemkot Madiun.

Lebih lanjut, pada tahun 2017 inflasi Kota Madiun adalah yang tertinggi di Jawa Timur. Kondisi ini menjadi perhatian tersendiri bagi Bank Indonesia. Untuk itu pada tahun 2018, BI membentuk Tim Satgas Pangan di Kota Madiun.

Anggota Tim Satgas Pangan ini terdiri dari Dinas Perdagangan, Bagian Perekonomian, Bulog, dan stakeholder pangan lainnya yang terkait dengan distribusi bahan pangan.

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…