Ilustrasi memakai masker kunyit untuk atasi jerawat (Boldsky) Ilustrasi memakai masker kunyit untuk atasi jerawat (Boldsky)
Jumat, 2 Februari 2018 07:10 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Women Share :

TIPS KECANTIKAN
Ladies, Yuk Usir Jerawat Bandel dengan Air Cucian Beras

Tips kecantikan kali ini tentang cara ampuh mengusir jerawat membandel dengan air cucian beras.

Solopos.com, SOLO – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dialami semua orang. Kebanyakan wanita menganggap masalah kulit yang satu ini sangat mengganggu penampilan. Itulah sebabnya banyak wanita yang panik saat kulit wajah mereka ditumbuhi jerawat.

Jerawat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kondisi dan kebersihan kulit. Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah produksi minyak berlebih, debu, dan pori-pori yang membesar. Meski cukup menyebalkan, jerawat bisa diatasi dengan berbagai macam obat kimia. Tapi, jangan terlalu sering menggunakan obat-obatan kimia karena berbahaya bagi kulit.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengobati jerawat dengan bahan alami, salah satunya air cucian beras. Sebelum dioleskan ke wajah, Anda bisa menambahkan beberapa bahan alami sebagai campuran untuk menyembuhkan jerawat. Apa saja bahan alami tersebut? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Kamis (1/2/2018), di bawah ini:

Minyak zaitun

Campurkan dua sendok makan air cucian beras dengan setengah sendok teh minyak zaitun. Oleskan ramuan itu ke seluruh bagian wajah dan biarkan sampai kering sekitar 10 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan lanjutkan mengusapnya dengan toner.

Air jeruk

Campuran air jeruk dan air cucian beras tidak hanya ampuh menyembuhkan jerawat sekaligus mencerahkan kulit. Campurkan dua sendok makan air cucian beras dengan satu sendok teh air perasan jeruk. Bersihkan kulit sebelum memakai ramuan itu. Biarkan ramuan itu mengering selama 15 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat. Selanjutnya keringkan wajah dengan handuk dan pakai toner untuk mengangkat sisa ramuan yang masih menempel.

Kayu manis dan madu

Madu dan kayu manis merupakan bahan alami yang sangat berkhasiat bagi kulit. Selain menyembuhkan jerawat, dua bahan itu juga ampuh menghaluskan kulit. Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan dua sendok teh madu dan dua sendok makan air cucian beras. Oleskan ramuan itu ke wajah selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan sabun dan air hangat.

Teh hijau

Teh hijau memiliki nutrisi yang berkhasiat menyembuhkan jerawat dan meremajakan kulit. Anda bisa membuat ramuan dengan campuran satu sendok makan teh hijau kasar dengan dua sendok makan air cucian beras. Oleskan ramuan ini hanya di bagian wajah yang berjerawat selama 15 menit. Selanjutnya, bersihkan sisa ramuan ini dengan air bersih.

Kunyit

Ramuan dari bubuk kunyit dan air cucian beras ini dapat meresap ke pori-pori dan membunuh racun penyebab jerawat. Ambil satu sendok teh bubuk kunyit lalu campurkan dengan dua sendok makan air cucian beras. Oleskan ramuan ini secara merata ke seluruh bagian wajah. Biarkan sampai kering, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

 

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…