Ilustrasi rapat paripurna DPR di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta. (Rachman/JIBI/Bisnis) Ilustrasi (Rachman/JIBI/Bisnis)
Jumat, 2 Februari 2018 22:30 WIB Edi Suwiknyo/JIBI/Bisnis Politik Share :

Sssttt! Pansus RUU Minuman Beralkohol DPR Mau Kunker ke Mesir

DPR diam-diam berencana melakukan kunker ke Mesir untuk studi banding terkait pembahasan RUU Minuman Beralkohol.

Solopos.com, JAKARTA — Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Minuman Beralkohol akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Mesir pada 6-12 Februari 2018 mendatang.

Informasi yang dihimpun Bisnis/JIBI di internal DPR, kunker akan diikuti oleh 14 anggota Pansus. Agenda kunker itu terdiri atas studi banding ke parlemen Mesir, Pemerintah Mesir, dan produsen di negera kawasan Afrika Utara tersebut.

Adapun pembahasan RUU Minuman Beralkohol juga mengalami hambatan soal nomenklatur penamaan judul. Fraksi yang setuju menggunakan nomenklatur “larangan” adalah Fraksi PPP, Fraksi PKS, Fraksi PAN. Sedangkan fraksi yang setuju menggunakan nomenklatur “pengendalian dan pengawasan” adalah Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, Fraksi Hanura, dan Fraksi NasDem.

Sedangkan fraksi yang mengusulkan judul tanpa embel-embel “larangan” dan “pengendalian dan pengawasan” adalah Fraksi Golkar dan Fraksi PKB.

Anggota Pansus dari Fraksi PAN, Kuswiyanto, mengaku prihatin. Alasannya, setiap kali pembahasan RUU Minuman Beralkohol, beberapa kali pula perwakilan pemerintah tidak hadir dalam rapat.

“Sikap pemerintah akan menghambat proses pembahasan, sehingga perkembangan RUU tersebut berjalan tidak baik,” kata Kuswiyanto dalam keterangan resminya, Jumat (02/02/2018).

Lebih lanjut menurut Kuswiyanto, RUU Minol yang sudah berjalan sejak 26 Mei 2016 lalu tak kunjung selesai. Padahal, sejumlah kalangan mendesak DPR dan pemerintah untuk menuntaskan pembahasan regulasi minuman keras tersebut.

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…