Ilustrasi polisi (JIBI/Bisnis/Dok.) Ilustrasi polisi (JIBI/Bisnis/Dok.)
Jumat, 2 Februari 2018 12:40 WIB Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Polisi dan Lembaga HAM Eratkan Kerja Sama

Gubernur Akpol dan Kapolda DIY berkunjung ke Pusham UII.

Solopos.com, BANTUL–Jajaran Akademi Kepolisian (Akpol) RI menjalin kerja sama dengan Pusat Studi HAM Universitas Islam Indonesia (Pusham) UII untuk mendorong pelaksanaan HAM dalam kinerja kepolisian.

Pada Jumat (2/2/2018) ini Gubernur Akademi Kepolisan Republik Indonesia Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel dan Kapolda DIY Brigjen Pol. Ahmad Dofiri dijadwalkan berkunjung ke kantor Pusham UII di  kawasan Jeruklegi, Banguntapan, Bantul. Kehadiran rombongan Akpol itu  akan diterima Direktur Pusham UII Eko Riyadi, mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekaligus Anggota Dewan Pembina PUSHAM UII Busyro Muqoddas  serta Rektor UII Nandang Sutrisna.

Peneliti Pusham UII Puguh Windrawan mengatakan pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan beberapa pekan sebelumnya, pada saat Pusham UII mengadakan silaturahmi ke Akpol.

“Gubernur Akpol datang ke Pusham UII dalam rangka memantapkan kerja sama untuk pemajuan pendidikan hak asas manusia dan pemolisian berbasis masyarakat [polmas],” kata Puguh melalui siaran rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (1/2/2018).

Kedatangan para petinggi kepolisian di Pusham UII dinilai sebagai momentum yang bagus bagi perkembangan Pusham UII sebagai sebuah pusat studi. “Sebenarnya sudah sejak lama terjalin komunikasi dan kerja sama antara Pusham UII dan institusi Akpol ini,” kata dia.

Sejak 2006 silam, kedua lembaga ini saling berkomunikasi dan bekerja sama. Beberapa pelatihan bagi tenaga pendidik dan bahkan taruna di lingkungan Akpol merupakan salah satu bagian dari kerja sama tersebut. Pada beberapa kesempatan, Pusham UII juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan akademik di lingkungan pendidikan kepolisian itu.

Gelaran pertemuan kali ini sejatinya adalah sebuah silaturahmi antara kedua institusi. Sebagai salah satu lembaga sipil, Pusham UII berniat memberikan kontribusi bagi keberlangsungan pendidikan di lembaga kepolisian. Pada kenyataannya, apa yang dilakukan Pusham UII kata Puguh mendapatkan sambutan hangat.

Terbukti, sudah semenjak 2010, kerja sama antara Pusham UII dan Akpol ini terjalin tanpa ada hambatan yang berarti. Kedatangan Gubernur Akpol dan Kapolda DIY ke kantor Pusham UII merupakan sebuah bukti bahwa kedua lembaga ini berkomunikasi dengan baik.

lowongan pekerjaan
SALESMAN/GIRL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Darmanto Jatman Bercerita Jawa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (15/01/2018). Esai ini karya Bandung Mawardi, seorang kritikus sastra. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Rumah dalam pemahaman peradaban Jawa adalah ruang hidup untuk menjadikan manusia ada dan berada. Pemahaman itu menunjukkan konstruksi…