Ganjar Pranowo. (Instagram-@ganjar_pranowo) Ganjar Pranowo. (Instagram-@ganjar_pranowo)
Jumat, 2 Februari 2018 02:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

PILKADA 2018
Ganjar Mengaku Digebuki soal Semen

Pilkada 2018 diikuti Ganjar Pranowo yang mengaku sudah digebuki masalah semen.

Solopos.com, SOLO – Menjelang pemilihan umum kepala daerah (pilkada) atau lebih tepatnya Pemilihan Guebnur dan wakil Gubernur Jawa Tengah (Pilgub) Jateng 2018, Ganjar Pranowo tampil di acara Kandidat Bicara yang ditayangkan Metro TV, Kamis (1/2/2018) malam. Dalam acara itu, Ganjar menjawab beberapa pertanyaan dari sejumlah panelis yang hadir.

Saat disinggung masalah sumber daya alam di Jateng, cagub yang kini masih menjabat sebagai gubernur Jateng itu mengaku sudah menjadi bulan-bulanan terkait semen, dalam hal ini kemungkinan adalah masalah pabrik semen di Pegunungan Kendeng. “Saya itu sudah digebuki soal semen. Sudah enggak karuan itu saya digebuki,” ungkap politikus PDI Perjuangan tersebut.

Pengakuan Ganjar Pranowo itu mengacu kepada izin yang diberikan pemerintah atas eksploitasi karst Pegunungan Kendeng untuk pabrik semen di Rembang, eks Keresidenan Pati, Jateng. Eksplorasi kars itu dikhawatirkan sebagian warga akan merusak kelestarian lingkungan hidup dan mematikan sumber-sumber air terbatas di wilayah itu yang selama ini menjadi andalan mereka mengairi lahan pertanian mereka.

Ganjar yang tampil bersama calon wakil gubernur (cawagub) pendampingnya, Taj Yasin, kemudian memamerkan upayanya memajukan daerah yang ia pimpin melalui para investor yang mengeruk sumber daya alam di Jateng. “Saya tanya kalau kamu investasi ke situ kita dapat apa? Sumber daya alam bisa habis. Saya minta 5% saham diberikan kepada BUM-Des [badan usaha milik desa],” beber Ganjar.

Ia kemudian memamerkan pengelolaan Umbul Ponggok di Kabupaten Klaten, yang menurutnya, telah menguntungkan badan usaha milik desa setempat. “Contohnya, Umbul Ponggok di Klaten, itu sudah menghasilkan Rp12 miliar per tahun, sudah bisa membangun untuk masyarakat,” tandas salah satu cagub di pilkada atau lebih tepatnya Pilgub Jateng 2018 itu.

Kembali ke masalah semen, Ganjar beberapa waktu lalu memang dipusingkan dengan masalah pabrik semen di Pegunungan Kendeng. Bahkan, para demonstran penolak pendirian pabrik semen di Pegunungan Kendeng kerap mendatangi Kantor Gubernur Jateng demi menemui Ganjar. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…