Prosesi penyerahan berkas hasil verifikasi faktual di kantor KPU Bantul, Jumat (2/2/2018). (Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja) Prosesi penyerahan berkas hasil verifikasi faktual di kantor KPU Bantul, Jumat (2/2/2018). (Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja)
Jumat, 2 Februari 2018 16:55 WIB Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

PEMILU 2019
Hasil Verifikasi Faktual, 16 Parpol Dinyatakan Memenuhi Syarat

Seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai politik (Parpol) di Kabupaten Bantul yang berjumlah 16 dinyatakan memenuhi syarat

Solopos.com, BANTUL–Seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai politik (Parpol) di Kabupaten Bantul yang berjumlah 16 dinyatakan memenuhi syarat. Artinya keenam belas parpol tersebut berhasil lolos verifikasi faktual yang diadakan pada 30 Januari hingga 1 Februari lalu.

Ketua KPU Bantul, Johan Komara mengatakan verifikasi faktual ini mencakup dua hal yakni kepengurusan dan keanggotaan. KPU telah meneliti keberadaan dan domisili kantor, susunan dan jumlah pengurus, serta keterwakilan perempuan.

Sedangkan untuk keanggotaan, ada aturan baru yang diterapkan. Yaitu Parpol yang menyerahkan data keanggotaan berjumlah 100 anggota saat tahap seleksi administrasi maka seluruhnya akan diverifikasi.

Namun jika lebih dari 100 maka hanya akan diverifikasi sebanyak 5% dari data Sipol. “Memang ada beberapa catatan administratif tapi semua dinyatakan lolos,” ucapnya, Jumat (2/2/2018).

Tahapan verifikasi faktual ini, menurut Johan, dilakukan dengan cara yang lebih efektif. Yaitu dengan mendatangi langsung ke kantor DPC atau Parpol datang langsung ke KPU.

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…