Jose Mourinho (JIBI/REUTERS/Eddie Keogh)
Jumat, 2 Februari 2018 05:25 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Inggris Share :

LIGA INGGRIS
MU Menyerah Kejar Gelar Juara?

Liga Inggris diwarnai dengan kekalahan MU.

Solopos.com, LONDON — Manchester United (MU) melempar sinyal menyerah dari perburuan gelar Liga Premier Inggris musim ini setelah takluk oleh Tottenham Hotspur dengan skor 0-2 di Wembley, Kamis (1/2/2018) dini hari WIB.

Meski musim baru menyentuh pekan ke-25, United merasa hampir mustahil mengejar Manchester City yang unggul 15 poin di puncak klasemen. Hal ini setelah di waktu yang sama City membenamkan West Bromwich Albion dengan skor meyakinkan, 3-0.

Nasib buruk MU di Wembley memang sudah terlihat sejak awal laga. Di hadapan 81.978 penonton, tertinggi dalam sejarah Liga Premier Inggris, Spurs langsung melancarkan serangan super kilat setelah peluit kick-off. Jan Vertonghen yang mendapat back pass langsung mengirim umpan panjang yang menyasar jantung pertahanan United.

Setelah disundul Harry Kane, Dele Alli meneruskan operan ke mulut gawang MU. Christian Eriksen yang muncul dari lini kedua langsung menyambar bola dengan tembakan kaki kiri untuk menaklukkan David De Gea, tepat di detik ke-11. Itu menjadi gol tercepat ketiga dalam sejarah Liga Premier. Eriksen hanya kalah dari eks bek Spurs, Ledley King, dan legenda Newcastle United, Alan Shearer, yang menyarangkan gol di detik ke-10.

“Ini adalah penampilan yang diawali dengan sebuah gol konyol. Gol setelah beberapa detik berpengaruh besar pada permainan, Tottenham bisa bermain sesuai keinginan mereka,” cetus Pelatih United, Jose Mourinho, seperti dilansir BBC, Kamis.

Setan Merah makin menderita saat bek mereka, Phil Jones, mencetak gol bunuh diri di menit ke-28. Insiden itu berawal dari usaha Jones menghalau crossing Kieran Trippier. Sayang bola sapuannya malah mengarah ke gawang sendiri. Gol tersebut meruntuhkan upaya Alexis Sanchez dkk. yang mulai mampu menekan pertahanan lawan setelah kebobolan cepat.

Dengan selisih 15 poin, Mourinho menganggap persaingan menunggu tangga juara hampir mustahil bagi timnya. Mou melihat perburuan posisi kedua lebih realistis bagi United. “Kami menyadari jarak dengan pemimpin klasemen sudah cukup jauh, bahkan sebelum laga ini. Sekarang yang bersaing adalah kami, Chelsea, Liverpool, Arsenal, Kami akan bertarung untuk memperebutkan posisi itu.”

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…