Michael Essien saat berlatih bersama Persib Bandung (Antara)
Jumat, 2 Februari 2018 14:55 WIB JIBI/Solopos/Newswire Indonesia Share :

LIGA 1
Marquee player Ditiadakan

Liga 1 tak akan menerapkan penggunaan marque player lagi.

Solopos.com, JAKARTA – Liga 1 Indonesia segera bergulir. Beberapa bocoran regulasi telah diketahui, terutama tentang keberadaan marquee player. Berbeda dengan musim lalu, musim ini regulasi tentang marquee player dihapus.

Hal itu diungkapkan oleh COO PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigorshalom Boboy selaku operator liga. Tigor menyatakan setiap tim hanya diperbolehkan tiga pemain asing bebas dari belahan dunia manapun sdan satu pemain asing dari asia (3+1). Berbeda dengan musim lalu yakni setiap tim bisa menambah pemain asing lagi dengan ketentuan marquee player.

Untuk pemain muda tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Setiap klub harus memiliki tujuh pemain U-23. “Intinya untuk pemain, khusunya asing itu 3+1 dan tidak ada marquee player. Pemain yang didaftarkan 30 dan kalau kuota maksimal terpenuhi misalnya, tujuh pemain harus dari U-23,” kata Tigor seperti dikutip dari Suara.com, Jumat (2/2/2018).

Hal yang sama juga berlaku bagi tim yang berlaga di Piala AFC. Jika pada ISL lalu ada pengecualian kepada tim yang berlaga di kompetisi Asia, kali ini tidak. Artinya Persija Jakarta dan Bali United akan tetap menggunakan 3+1 untuk asing. Keputusan tersebut dilakukan setelah adanya pertemuan antara PSSI dan PT LIB.

“Kami sudah bicarakan dengan PSSI, musim-musim sebelumnya, ketika mereka berlaga di Asia, khusus untuk pemain asing itu boleh ditambahkan. Tetapi untuk musim ini PSSI tetap memberlakukan 3+1,” imbuhnya.

Rencananya, Liga 1 akan mulai bergulir pada 3 Maret 2018 mendatang. Saat ini PT LIB bersama PSSI sedang menyesuaikan jadwal antara Liga, Piala Indonesia, dan pemusatan latihan tim nasional Indonesia.

“Jadwal masih disusun karena PSSI menyarankan ada Piala Indonesia, jadwal yang sejatinya sudah kami punya sampai selesai akan kami kombinasikan dengan jadwal Piala Indonesia serta TC Timnas Indonesia. Kami berharap 3 Maret sudah kick-off dan jangan mundur,” tutup Tigor.

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…