Logo Gunungkidul
Jumat, 2 Februari 2018 19:55 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Ketersediaan Sarana Telekomunikasi Objek Wisata Harus Diprioritaskan

Sarana komunikasi merupakan pendukung pengembangan wisata

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul Karnila Sari menilai keberadaan sinyal telekomunikasi di destinasi wisata harus masuk skala priorotas. Pasalnya, fasilitas tersebut juga sebagai salah satu pendukung untuk pengembangan wisata yang ada di Bumi Handayani.

“Sinyal handphone sekarang menjadi penting karena sudah menjadi kebutuhan mendasar manusia. Jadi untuk pengembangan yang lebih baik, maka fasilitas itu harus disediakan,” kata Nila, sapaan akrabnya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (1/2/2018).

Menurut dia, dengan adanya sinyal maka setiap wisatawan akan tetap terghubung dengan dunia luar sehingga tidak merasa berada di tempat yang asing. “Kalau ada sinyal maka pengunjung bisa tetap eksis. Sebagai contoh saat datang ke lokasi wisata, bisa langsung foto dan menggunggahnya ke dunia maya sehingga ikut mempromosikan. Tapi kalau tidak ada, harus menunggu lebih lama untuk bisa diunggah ke media sosial,” ungkapnya.

Selain masalah keberadan sinyal di lokasi wisata, Nila juga menyoroti akses menuju lokasi wisata. Menurut dia, masih banyak jalan yang rusak sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung. “Ini harus diperhatikan dan dicarikan solusi. Keberadaan sarana prasarana pendukung yang baik maka akan berdampak terhadap pesatnya perkembangan destinasi wisata yang dimiliki,” katanya.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…