Harian Jogja edisi Jumat (2/2/2018) Harian Jogja edisi Jumat (2/2/2018)
Jumat, 2 Februari 2018 10:57 WIB Nina Atmasari/JIBI/Harian Jogja Peristiwa Share :

HARIAN JOGJA HARI INI
Ratusan Pendaftar Umrah Gagal Berangkat

Harian Jogja edisi Jumat (2/2/2018)

Ratusan Pendaftar Umrah Gagal Berangkat
JOGJA—Ratusan calon jemaah umrah di DIY gagal berangkat karena biro perjalanan ibadah terlalu gegabah banting harga dan keliru menghitung ongkos umrah. Ada pula pendaftar umrah yang ditengarai menjadi korban penipuan.

4 Terduga Teroris Ditangkap di Jateng
JAKARTA—Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror menangkap empat orang terduga teroris di Kabupaten Temanggung dan Banyumas, Jawa tengah.

Perlu Awas dengan Mainan Bekas
JAKARTA- Mainan anak yang sudah tidak terpakai biasanya diwariskan ke saudara atau dijual lagi atau disumbangkan. Sayangnya mainan bekas terutama yang terbuat dari plastik berisiko untuk kesehatan anak-anak.

Hyoyeon Hapus Keraguan Fans SNSD
Sejak tiga anggota Girls’ Generation atau SNSD berpisah dari SM Entertainment, banyak orang yang bingung dengan status girlband ini.

206 Perusahaan Dukung Pendudukan
JENEWA- Sebanyak 206 perusahaan yang mayoritas berasal dari Israel dan Amerika Serikat (AS) diduga mendukung pendudukan Israel di Palestina, suatu praktik yang dianggap ilegal dalam hukum internasional.

Gara-Gara Gol Konyol
LONDON- Manchester United (MU) melempar sinyal menyerah dari perburuan gelar juara Liga Premier musim ini setelah takluk dari Tottenham Hotspur 0-2 di Wembley, Kamis (1/2) dini hari WIB.

Lapangan Dijamin Tidak Tergenang
SOLO—Persoalan infrastruktur stadion kerap menjadi sorotan dalam setiap pertandingan sepak bola di Tanah Air. Para pemain dan ofisial tim sering mengeluhkan kondisi lapangan yang becek dan penuh lumpur saat pertandingan berlangsung dalam kondisi hujan.

Perguruan Tinggi Diminta Buka Jurusan Baru
JOGJA–Lulusan perguruan tinggi adalah aset berharga, tapi jika tidak dikelola dengan baik akan jadi beban tersendiri. Universitas didorong membuka jurusan-jurusan baru yang sesuai tuntutan zaman.

Hadapi Paceklik Turis, Jogjavaganza Digelar
UMBULHARJO-Dinas Pariwisata Kota Jogja mengundang sejumlah agen wisata dari berbagai daerah di Indonesia dan para pelaku wisata di Jogja untuk mengeksplorasi objek wisata Jogja.

ORI Peringatkan Komite dan Sekolah
SLEMAN—Komite dan pihak sekolah diminta mematuhi aturan penarikan dana sumbangan dari orang tua siswa sesuai Permendikbud. Upaya sekolah yang mewajibkan penarikan sumbangan, dinilai sebagai bentuk pelanggaran.

Longsor dan Tanah Ambles Ancam Warga Sriharjo
IMOGIRI—Hujan lebat yang mengguyur wilayah Bantul, Rabu (31/1) malam, memicu bencana. Sebuah batu berukuran besar longsor dan menimpa rumah warga di Dusun Sompok RT05, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 24.00 WIB.

Jalan Rusak, Pemkab Hanya Tambal Sulam
SENTOLO—Ruas jalan utama penghubung Pasar Lama Sentolo menuju jalan layang Ngelo, Kalibondol-Siwalan rusak parah dan tergenang air saat hujan. Meski begitu, tahun ini Pemkab tidak banyak melakukan perbaikan pada jalan yang berstatus jalan kabupaten itu, program yang disiapkan hanya sekadar tambal sulam jalan.

Pemandu Wisata Minta BUMDes Jangan Ikut Bermain
KARANGMOJO–Ratusan pemandu wisata Gua Pindul yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewa Bejo berunjuk rasa di depan kantor BUMDes Bejiharjo, Kamis (1/2). Demonstrasi ini menuntut agar pengurus BUMDes tidak bermain dan bersikap netral dengan merangkul seluruh operator.

WNA Dipermudah Jadi Tenaga Didik
JAKARTA—Pemerintah akan memberikan kemudahan bagi Warga Negara Asing (WNA) untuk menjadi instruktur pendidikan vokasi dan tenaga ahli di seluruh sektor, termasuk perdagangan online (e-commerce) di Indonesia. Kebijakan ini dilakukan karena Indonesia kekurangan tenaga ahli di sektor tersebut.

Ibis Style Punya Seragam Baru
JOGJA-Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan untuk para tamu, Ibis Style Yogyakarta tampil lebih segar dengan seragam baru. Para staf dan manajemen tampil lebih enerjik penuh warna.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.

Anda juga dapat membaca Harian Jogja melalui gawai dengan mengakses epaper.harianjogja.com.

Selamat membaca. Harian Jogja, Berbudaya, Membangun Kemandirian.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…