Petugas BPBD Solo dan sukarelawan mengevakuasi pohon tumbang di Gonilan, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (1/2/2018) malam. (Syifaul Arifin/JIBI/Solopos) Petugas BPBD Solo dan sukarelawan mengevakuasi pohon tumbang di Gonilan, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (1/2/2018) malam. (Syifaul Arifin/JIBI/Solopos)
Jumat, 2 Februari 2018 00:05 WIB Syifaul Arifin/JIBI/Solopos Sukoharjo Share :

BENCANA SUKOHARJO
Pohon Tumbang Bikin Pedagang di Kawasan Gonilan Panik

Pohon trembesi di Gonilan, Kartasura, Sukoharjo, tumbang.

Solopos.com, SUKOHARJO — Pohon trembesi di pinggir Jl. Garuda Mas, Gonilan, Kartasura, Sukoharjo, tumbang, Kamis (1/2/2018) sekitar pukul 22.00 WIB. Tidak ada korban dalam kejadian itu.

Namun, pohon tumbang sempat membuat pedagang di pinggir jalan itu panik. Kawasan tersebut termasuk ramai karena banyak ruko dan warung makan yang melayani mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Menurut Dani, salah satu penjaga Warung Mas Dii tak jauh dari lokasi, pada saat pohon akan tumbang, jalanan relatif sepi. Hanya ada pedagang sempol di bawah pohon itu yang sempat lari mendengar suara pohon itu akan tumbang.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo maupun sukarelawan dari berbagai organisasi memotong pohon itu dan menyingkirkannya. Jalan sempat ditutup lebih dari satu jam. Kepala BPBD Solo Eko Prajudhy N.A. memimpin evakuasi pohon itu.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…