Penumpang berdesakan di dalam BRT Trans Semarang. (Instagram-@transsemarang) Penumpang berdesakan di dalam BRT Trans Semarang. (Instagram-@transsemarang)
Kamis, 1 Februari 2018 14:50 WIB Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

TRANSPORTASI SEMARANG
BRT Bakal Gratis untuk Pelajar

Transportasi di Semarang, yakni Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang tidak akan memungut biaya pada pelajar.

Solopos.com, SEMARANG – Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang berencana untuk tidak memungut biaya sepeser pun pada para pelajar yang menggunakan sarana transportasi unggulan Kota Semarang itu.

Kebijakan ini diberikan BRT Trans Semarang sebagai upaya dalam mendukung kemajuan pendidikan di ibu kota Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tersebut.

Meski demikian, kebijakan menggratiskan pelajar itu baru diterapkan setelah Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang menerima bantuan bus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pada 2018 ini, Dishub Kota Semarang akan memperoleh 67 bus dari Kemenhub, di mana 20 di antaranya bakal digunakan sebagai bus sekolah.

“Kami akan memprioritaskan 20 bus itu untuk melayani seluruh sekolah yang selama ini belum terjangkau BRT. Kami juga akan tidak akan memasang tarif bagi para pelajar alias gratis. Rute bus nanti akan beriringan dengan rute Trans Semarang sehingga pelajar bisa beralih ke bus sekolah itu,” terang pelaksana tugas (Plt) Badan Layanan Umum (BLU) BRT Trans Semarang, Ade Bhakti, saat dihubungi Semarangpos.com, Kamis (1/2/2018).

Bus sekolah nanti, lanjut Ade, akan memiliki spesifikasi berbeda dengan BRT. Komposisi tempat duduk bus sekolah akan menghadap ke depan dengan kapasitas sekitar 40 penumpang.

Ade menambahkan berdasar data yang diperolehnya, jumlah penumpang BRT Trans Semarang mengalami peningkatan sekitar 13,41%. Jika pada 2016, jumlah penumpang BRT mencapai 7.725.490 orang maka pada 2017 mengalami peningkatan hingga 8.921.612.

“Dari jumlah itu sekitar 2.528.503 penumpang di antaranya merupakan pelajar. Berarti ada uang Rp2.528.503.000 yang diperoleh BLU UPTD Trans Semarang dari pelajar. Harapan kami dengan digratiskannya bus untuk pelajar bisa menekan pengeluaran para pelajar, terutama untuk transportasi,” beber Ade.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…