Mark Elliot Zuckerberg. (Express.co.uk)
Kamis, 1 Februari 2018 15:10 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Internet Share :

Perubahan News Feed Bikin Pengguna Makin Jarang Buka Facebook

CEO Facebook mengatakan bahwa pengguna kini hanya menghabiskan waktu di Facebook selama 50 juta jam setiap hari.

Solopos.com, CALIFORNIA – Facebook baru-baru ini melakukan perubahan pada news feed pengguna. Tak hanya berdampak pada penyusutan kekayaannya saat keputusan itu diumumkan, langkah Mark Zuckerberg juga rupanya berdampak kepada pengguna.

CEO Facebook itu mengatakan bahwa pengguna kini hanya menghabiskan waktu di Facebook selama 50 juta jam setiap hari. Hal ini disampaikan Zuck dalam laporan pendapatan kuartalan perusahaan pada Rabu (31/1/).

Perubahan perilaku penggunanya yang semakin sedikit dalam menghabiskan waktu di Facebook juga menjadi kabar yang tak pernah terdengar dalam laporan pendapatan Facebook sejauh ini.

“Kami membuat perubahan yang mengurangi waktu yang dihabiskan di Facebook sekira 50 juta jam setiap hari,” kata Zuckerberg dalam sebuah pernyataan.

Tak jelas apa yang dimaksud Zuck dengan perubahan karena CEO Facebook tersebut tak menjelaskannya secara rinci. Namun komentar Zuck itu menggarisbawahi situasi sulit yang tengah dihadapi perusahaan.

Sebagaimana diketahui, Facebook menghadapi berbagai kecaman atas penyebaran informasi dan propaganda palsu. Tak hanya itu, beberapa kalangan juga menilai Facebook memberikan insentif kepada konsumen untuk menghabiskan waktu mereka di jejaring sosial.

Beberapa kritikus bahkan menyebut jejaring sosial seperti Facebook dan Snapchat bisa menjadi adiktif.

Hasil yang didapat Facebook saat ini memang mengharuskan perusahaan untuk mempertahankan sahamnya di Wall Street. Meski begitu hasil positif dari berkurangnya durasi pengguna menghabiskan waktu di Facebook menjadi jawaban atas kekhawatiran terkait dampak raksasa media sosial itu terhadap masyarakat. Setidaknya hasil ini membuat kritikus mereda.

Selengkapnya berikut pernyataan Mark Zuckerberg seperti dikutip Business Insider.

“2017 adalah tahun yang kuat namun juga sulit bagi Facebook. Pada 2018 kami fokus untuk memastikan Facebook tak hanya menyenangkan untuk digunakan, namun juga bagus untuk kesejahteraan masyarakat. Kami melakukan ini dengan mendorong hubungan yang berarti antara orang-orang ketimbang pasif mengkonsumsi konten. Kuartal terakhir kami membuat perubahan untuk menampilkan lebih sedikit video viral untuk memastikan waktu pengguna dihabiskan dengan baik. Secara total, kami melakukan perubahan yang mengurangi waktu yang dihabiskan di Facebook sekira 50 juta jam setiap hari. Dengan berfokus pada koneksi yang bermakna, komunitas dan bisnis kita akan lebih kuat dalam jangka panjang.”

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…