Sejumlah anak menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Senin (22/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/M Agung Rajasa)
Kamis, 1 Februari 2018 18:45 WIB Peristiwa Share :

Pemerintah Pertimbangkan Relokasi Masyarakat Asmat

Pemerintah tengah mempertimbangkan relokasi masyarakat Asmat.

Solopos.com, JAKARTA Pemerintah mempertimbangkan relokasi warga Kabupaten Asmat di Provinsi Papua. Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan cara ini adalah untuk mengumpulkan mereka yang selama ini tinggal menyebar di beberapa wilayah.

“Salah satu pertanyaan Presiden adalah apakah mungkin dilakukan relokasi di Asmat. Setelah mendapat penjelasan menyeluruh dari berbagai pihak, relokasi menyeluruh tidak mungkin dilakukan,” kata Idrus, Kamis (1/2/2018), dalam dalam rapat konsultasi dengan pimpinan DPR di Jakarta. Baca juga: Penderitaan Anak Asmat, Kena TBC & Perut Berisi Cacing

Menurut dia, relokasi secara terbatas dengan mengumpulkan mereka yang selama ini tinggal menyebar berdasarkan karakter budaya dan hak ulayat masyarakat.

“Dengan begitu, Kementerian Kesehatan akan lebih mudah memberikan layanan kesehatan saat terjadi kejadian luar biasa seperti campak dan gizi buruk, begitu pula dengan kementerian lain,” tuturnya.

Kementerian Sosial berencana memperluas jangkauan Program Keluarga Harapan di beberapa tempat di Kabupaten Asmat, utamanya untuk terlebih dulu mendukung pemenuhan kebutuhan pokok warga sebelum mencakup mereka dalam program pemberdayaan. Baca juga: 10 Ton Makanan dan Pakaian Dikirim ke Asmat dari Lanud Iswahjudi Magetan

Ia juga menyebut perlunya pendampingan untuk memastikan pengelolaan pemerintahan dan program pembangunan berjalan sesuai dengan tujuan.

“Perlu ada pendamping profesioanl yang memastikan pelaksanaan program dan pemanfaatan dana otonomi khusus,” katanya.

Rapat konsultasi pemerintah dengan pemimpin DPR dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Kesra Fahri Hamzah dan antara lain dihadiri oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua Komisi IX Dede Yusuf, Wakil Ketua Komisi IX Syamsul Bachri, dan Wakil Ketua Komisi IX Ermalena. Baca juga: Panggil Bupati Asmat & Gubernur Papua, Jokowi Usul Warga Direlokasi

Selain Menteri Sosial Idrus Marham, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ancandra Tahar juga hadir dalam rapat tersebut.

 

 

 

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…