Jogja
Kamis, 1 Februari 2018 - 20:20 WIB

KONFLIK GUA PINDUL : BUMDes Bejiharjo Tawarkan Solusi Tandem untuk Pemandu Belum Bersertifikat

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Demo yang dilakukan oleh pemandu wisata Gua Pindul di depan Kantor BUMDes Bejiharjo di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kamis (1/2/2018). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Direktur BUMDes Bejiharjo Saryanto menegaskan pihaknya tidak ikut bermain dan tetap netral dengan mengakomodir seluruh operator yang ada di Gua Pindul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Direktur BUMDes Bejiharjo Saryanto menegaskan pihaknya tidak ikut bermain dan tetap netral dengan mengakomodir seluruh operator yang ada di Gua Pindul.

Advertisement

Hal ini menanggapi aksi yang dilakukan ratusan pemandu wisata Gua Pindul yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewa Bejo di depan kantor BUMDes Bejiharjo, Kamis (1/2/2018).

Ada beberapa tuntutan yang disuarakan oleh pendemo. Salah satunya meminta agar BUMDes bersikap netral dan ikut bermain dalam penyelenggaraan jasa wisata Pindul.

Baca juga : Pemandu Wisata Gua Pindul Demo Tolak Pemandu Tanpa Sertifikat

Advertisement

Saryanto menyebutkan bukti bahwa para pengurus sudah bekerja sesuai dengan standarisasi kinerja yang ada.

Mengenai tuntutan para pendemo, ia meminta waktu selama satu minggu untuk melakukan tindak lanjut.

“Yang dipermasalahkan mengenai sertifikasi pemanduan. Untuk sekarang kami masih melakukan pendataan, nanti setelah semua terkumpul baru akan dibahas bersama-sama,” katanya, Kamis.

Advertisement

Menurut Saryanto untuk masalah pemandu yang belum bersertifikat, pihaknya memberikan alternatif dengan cara tandem. Yakni, saat jasa pemanduan berlangsung, beberapa pemandu yang belum bersertifikat diawasi oleh pemandu yang memiliki sertifikat pemanduan.

“Ini hanya solusi sementara, tapi ke depannya pemandu harus memiliki seritikat sendiri-sendiri,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif