Jateng
Kamis, 1 Februari 2018 - 08:50 WIB

KELANGKAAN BBM : Pertamina Siapkan 135 Kl BBM untuk Karimunjawa

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Dokumentasi)

Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) tengah melanda Karimunjawa akibat tersendatnya pasokan dari Pertamina.

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT) telah menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) sekitar 135.000 liter untuk dikirim ke Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng). BBM sebanyak itu diharapkan mampu mengatasi kelangkaan atau krisis yang saat ini tengah melanda masyarakat di kepulauan yang terletak di tengah Laut Jawa itu.

Advertisement

Permasalahannya, BBM sebanyak itu hingga saat ini masih tertahan di Pelabuhan Tanjung Emas. Pertamina belum bisa memasok BBM ke Karimunjawa menyusul adanya larangan dari otoritas Pelabuhan Tanjung Emas kepada kapal-kapal untuk berlayar menyusul gelombang laut yang tinggi dampak dari cuaca buruk.

“Begitu larangan dari otoritas pelabuhan dicabut, BBM itu langsung kami kirim ke Karimunjawa. Kami sudah siapkan 135 KL BBM untuk masyarakat Karimunjawa,” ujar General Manager Pertamina MOR IV, Yanuar Budi H., saat menggelar jumpa pers di Kantor Pertamian MOR IV, Semarang, Rabu (31/1/2018).

Pengiriman BBM dalam jumlah 135 KL ke Karimunjawa itu terbilang besar. Biasanya, pengiriman BBM ke Karimunjawa hanya berkisar 75 KL dan diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat selama 7-10 hari.

Advertisement

Meski demikian, Yanuar menilai pengiriman dalam jumlah besar itu terbilang wajar. Hal itu mengingat sejak beberapa pekan terakhir, masyarakat di Karimunjawa tidak mendapat pasokan hingga menyebabkan krisis maupun kelangkaan BBM.

“Terakhir kami mengirim BBM ke Karimunjawa adalah 3 Januari. Sejak saat itu, kami tak bisa mengirim BBM ke sana. Sebenarnya kami akan kirim BBM pada 10 Januari, tapi karena adanya larangan dari otoritas pelabuhan pengiriman pun ditunda,” beber Yanuar.

Yanuar pun berharap cuaca ekstrem yang melanda perairan Laut Jawa segera berakhir sehingga pihaknya bisa mengirim BBM ke Karimunjawa. Setelah mendapat pasokan, ia mengimbau masyarakat untuk tidak panic buying.

Advertisement

“Kami akan berusaha memenuhi kebutuhan BBM masyarakat Karimunjawa. Selama tidak terkendala cuaca, pengiriman kami dipastikan lancar. Jadi masyarakat enggak perlu khawatir,” tutur mantan GM Pertamina MOR VI Kalimantan itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif