Ilustrasi granat (JIBI/Solopos/Dok) Ilustrasi granat (JIBI/Solopos/Dok)
Kamis, 1 Februari 2018 20:40 WIB Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Gali Pasir, Penambang Temukan Granat Aktif

Warga mengira granat adalah bungkus rokok.

Solopos.com, BANTUL–Sebuah benda berbentuk silinder diduga granat aktif ditemukan warga Dusun Glondong, Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul Rabu (31/01/2018) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Benda itu ditemukan saat warga tengah  menambang pasir di bantaran Sungai Winongo yang melintasi Desa Tirtonirmolo.

Wakapolsek Kasihan AKP Safpe T Sinaga mengatakan, dua orang penambang pasir yang menemukan benda diduga granat tersebut yaitu Kus Sigit,60 dan Bramastyo,35. Di sela-sela menambang pasir menggunakan cangkul, tiba-tiba mereka mendapati benda tersebut berada di gundukan pasir.

Saksi awalnya mengira benda tersebut adalah bungkus rokok atau mainan, saat diangkat bentuknya tabung. Granat tersebut sempat dikocok karena penasaran dengan isi di dalamnya. “Mereka hampir saja membuka tabung tapi belum jadi,” ujar Safpe T Sinaga seperti dikutip dari laman resmi Polres Bantul tribratanewsbantul.com, Kamis (2/1/2018).

Benda tersebut, oleh saksi lantas dibawa pulang lantaran mereka curiga isi di dalamnya. Pasalnya, di tabung tersebut ditemukan tulisan berbahasa Inggris yang tidak mereka ketahui artinya.

Baru sekitar pukul 19.30 WIB, saksi menghubungi Agung warga setempat untuk menerjemahkan arti dari tulisan tersebut. Agung mengatakan jika benda tersebut merupakan barang berbahaya. Lantaran tak mau ambil risiko, warga pun bergegas melaporkan penemuan barang tersebut ke Polsek Kasihan. “Saat ini benda itu masih dalam pemeriksaan tim Jihandak [Satuan Penjinak Bahan Peledak] Polda DIY,” kata dia.

Kolom

GAGASAN
Guru Honorer

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/2/2018). Esai ini karya Roko Patria Jati, dosen di Institut Agama Islam Negeri Salatiga. E-mail penulis adalah bee.ascholar@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tragedi yang mencoreng dunia pendidikan Indonesia muncul lagi bak serial drama televisi yang terus…