News
Kamis, 1 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 1 Februari 2003, Tahun Baru Imlek Jadi Libur Nasional

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nguyen Van Lem (kanan) ditembak mati oleh Nguyen Ngoc Loan (kiri) di Saigon, Vietnam, 1 Februari 1968. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 1 Februari.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 1 Februari. Salah satunya adalah dijadikannya hari tahun baru sesuai kalender Imlek kali pertama menjadi hari libur nasional di Indonesia.

Advertisement

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 1 Februari.

1329
Pasukan Teutonik yang dipimpin John dari Bohemia mengepung wilayah Medvegalis, Lituania. Hanya dalam waktu sehari, pasukan Teutonik berhasil menguasai wilayah Medvegalis. John dari Bohemia kemudian membaptis sekitar 6.000 tentara Lituania untuk menjadi pemeluk agama Katolik.

Advertisement

1329
Pasukan Teutonik yang dipimpin John dari Bohemia mengepung wilayah Medvegalis, Lituania. Hanya dalam waktu sehari, pasukan Teutonik berhasil menguasai wilayah Medvegalis. John dari Bohemia kemudian membaptis sekitar 6.000 tentara Lituania untuk menjadi pemeluk agama Katolik.

1662
Pasukan Dinasti Ming yang dipimpin Koxinga berhasil merebut wilayah Taiwan dari cengkeraman Belanda. Keberhasilan itu dicapai setelah pasukan Dinasti Ming melakukan pengepungan selama kurang lebih sembilan bulan.

1814
Gunung Manyon di Luzon, Filipina meletus dan menewaskan sekitar 1.200 orang. Letusan itu merupakan yang paling dahsyat dari Gunung Manyon sepanjang sejarah.

Advertisement

1946
Parlemen Hungaria secara resmi mengumumkan penghapusan sistem monarki di negara tersebut yang sudah berjalan selama sembilan abad. Parlemen Hungaria kemudian memproklamasikan Hungaria sebagai negara republik.

The Beatles membawakan I Want to Hold Your Hand dalam The Ed Sullivan Show. (cbsnews.com)

1964
Untuk kali pertama, band asal Inggris, The Beatles, berhasil merajai tangga lagu di Amerika Serikat (AS). Lagu milik The Beatles yang berjudul I Want to Hold Your Hand menempati posisi pertama di tangga lagu terpopuler di AS.

Advertisement

1968
Perwira militer Vietnam Utara Nguyen Van Lem dieksekusi mati di Saigon dalam Serangan Tet. Eksekusi dilakukan Kepala Kepolisian Nasional Vietnam Selatan Nguyen Ngoc Loan dan direkam serta difoto oleh fotografer Eddie Adams. Rekaman itu kemudian menyebar dan semakin memicu banyak pihak menentang Perang Vietnam.

Darren Barr Fletcher kala masih berseragam Manchester United. (Cage8.com)

1984
Darren Barr Fletcher lahir di Dalkeith, Skotlandia. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Manchester United, sejak 2003 sampai 2015. Kini, pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu membela Stoke City sejak 2017 lalu.

Advertisement

2003
Tahun Baru Imlek untuk kali pertama diperingati sebagai hari libur nasional di Indonesia. Sebelumnya, dari 1968-1999, pemerintah Indonesia melarang perayaan Tahun Baru Imlek di hadapan umum.

Jalan Pos Pengumben, Jakarta Barat yang putus total akibat banjir, Februari 2007. (Wikimedia.org)

2007
Banjir mulai menggenangi wilayah Jakarta, sebagian Jawa Barat, dan sebagian Banten. Banjir yang berlangsung sampai 11 hari itu menewaskan sedikitnya 54 orang. Kerugian diperkirakan mencapai Rp4,3 triliun. Sekitar 320.000 orang mengungsi akubat banjir tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 31 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 29 Januari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif