Soloraya
Kamis, 1 Februari 2018 - 18:15 WIB

BENCANA WONOGIRI : 11 Rumah dan 3 Bangunan Rusak Diterjang Puting Beliung

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga membersihkan puing rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung di Boto, Baturetno, Wonogiri, Kamis (1/2/2018). (Istimewa BPBD Wonogiri)

Sebelas rumah dan tiga bangunan lainnya rusak akibat diterjang puting beliung di dua kecamatan wilayah Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 11 rumah warga dan tiga bangunan di Baturetno dan Tirtomoyo, Wonogiri, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Kamis (1/2/2018) pukul 14.00 WIB. Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa itu, sedangkan kerugian material diperkirakan mencapai lebih dari Rp42 juta.

Advertisement

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, kepada wartawan, Kamis, menyampaikan puting beliung terjadi saat hujan. Di Baturetno puting beliung merusak atap 10 unit rumah milik warga Gamping, Desa Boto, dan tiga bangunan.

Rumah itu milik Mari, Sayem, Triyanto, Sugino, dan Sutarno. Lima rumah lainnya milik Sunardi, Suyahno, Sutarmo, Irokarso, dan Sumanto. Tiga bangunan rusak meliputi TK Ngudi Putro Boto, SDN Gampung, dan gudang pengolahan mocaf milik Tukiman warga Nglampeng. Kerugian di wilayah tersebut ditaksir lebih dari Rp36 juta.

“Kerusakan terjadi di bagian kontruksi atap. Kayu penopang, genting atau asbes terlepas karena diterpa angin kencang. Warga tidak ada yang mengungsi. Setelah kejadian warga bekerja bakti membersihkan puing-puing,” kata Bambang.

Advertisement

Puting beliung di Tirtomoyo mengakibatkan pohon tumbang menimpa rumah milik Sutarto warga Dusun Kaung, Tanjungsari. Kejadian itu mengakibatkan atap rumah rusak cukup parah. Beruntung, saat peristiwa terjadi rumah tak berpenghuni. Kerugian ditaksir mencapai lebih dari Rp6 juta.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Wonogiri, AKP Hariyanto, menambahkan kejadian tersebut mengakibatkan salah satu bangunan roboh menimpa kabel listrik. Akibatnya aliran listrik di wilayah terdampak terputus sementara. Polres sudah menginformasikan hal tersebut kepada PLN supaya segera ditangani.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif