Warga gotong royong menyangga batu dengan batang pohon, Kamis (1/2/2018). (Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja) Warga gotong royong menyangga batu dengan batang pohon, Kamis (1/2/2018). (Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 1 Februari 2018 18:40 WIB Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Batu Raksasa Nyaris Menimpa Rumah Poniyo

Warga sangga batu dengan pohon.

Solopos.com, BANTUL–Hujan lebat pada Rabu (31/1/2018) malam menyebabkan batu raksasa longsor menggelinding menimpa rumah warga Dusun Sompok RT 05, Sriharjo, Imogiri sekitar pukul 12.00 WIB.

Pantauan Harianjogja.com, batu raksasa itu menimpa sisi kiri atap rumah. Warga sekitar bersama tim SAR DIY bergotong royong memotong pohon-pohon di sekeliling rumah tersebut dengan gergaji mesin. Kayu-kayu pohon kemudian digotong warga untuk dijadikan pengganjal batu raksasa agar tidak semakin parah menimpa rumah.

Sang pemilik rumah, Poniyo, mengaku rumah tersebut baru selesai dibangun dua tahun yang lalu. Nampak rumah tersebut masih belum dicat dan belum diberi jendela. Meskipun begitu, Poniyo mengatakan, rumah tersebut sudah ditinggali oleh dia dan sang istri. Saat ini dia mengungsi ke rumah anak ketiganya tepat di samping rumah yang tertimpa batu. “Saat ini cuma bisa diganjal dulu dengan tiga batang pohon itu, khawatir kalau hujan batunya akan menggelinding,” kata Poniyo.

Poniyo mengatakan tidak ada tempat mengungsi lain, selain rumah sang anak yang tepat berada di samping rumahnya. Sementara untuk kandang ternak yang berada tepat di depan longsor batu, Poniyo mengaku masih bingung untuk merelokasinya.

Tetangga Poniyo, Waluyo, mengatakan warga berniat untuk mengganjal batu raksasa dengan sejumlah batu di bawahnya. Pasalnya, diprediksi besok akan terjadi hujan. Warga khawatir batu akan merusak rumah lainnya selain milik Poniyo. “Bantuan baru dari SAR DIY, bantu ganjal batu dan pasang garis kuning sekitar longsor,” kata dia.

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kids Zaman Now Membaca Media Cetak?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (12/2/2018) dan Harian Bisnis Indonesia edisi Sabtu (10/2/2018). Esai ini karya Lahyanto Nadie, pengampu Manajemen Media Massa di Kwik Kian Gie School of Business dan pengurus Yayasan Lembaga Pers dr. Soetomo Jakarta. Solopos.com,…