Alexandre Lacazette (JIBI/REUTERS/Dylan Martinez)
Kamis, 1 Februari 2018 07:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Inggris Share :

Aubameyang Vs Lacazette, Pilih Mana Wenger?

Arsenal sukses mendatangkan Aubameyang.

Solopos.com, LONDON — Arsenal menjadi salah satu tim yang paling sibuk pada deadline day transfer Januari, Rabu (31/1/2018). Tim berjuluk The Gunners ini menuntaskan proses transfer Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund sekaligus melepas Olivier Giroud ke Chelsea.

Arsenal akhirnya resmi mendapatkan tanda tangan Auba, sapaan Aubameyang, dengan harga 56 juta poundsterling (Rp1,06 triliun). Auba memecahkan rekor transfer dalam sejarah Arsenal yang sebelumnya dipegang Alexandre Lacazette ketika diboyong dari Lyon dengan harga 52,7 poundsterling pada musim panas 2017. Tak hanya itu, Aubameyang akan mengantongi 180.000 poundsterling (Rp3,4 miliar) per pekan selama di Emirates.

Kedatangan Aubameyang bisa memanaskan persaingan lini depan Arsenal. Auba akan bersaing dengan Lacazette untuk memperebutkan posisi ujung tombak The Gunners. Lacazette pantas waswas.

Meski dikenal dengan ulah kontroversial, ketajaman Aubameyang pantas diacungi jempol.

Bomber Gabon tersebut mendulang 141 gol hanya dalam 213 pertandingan bersama Dortmund. Auba juga dikenal sebagai bomber yang mahir memakai semua anggota tubuh (kaki kiri-kaki kanan-kepala) untuk merobek gawang lawan.

Keunggulan lain Aubameyang dibanding Lacazette, yakni dia pernah berduet dengan pemain baru Arsenal, Henrikh Mkhitaryan, di Dortmund. Duet Aubameyang-Mkhitaryan di Dortmund pada 2015/2016 terbilang suskes. Pada musim itu, Aubameyang moncer degan 39 gol dan  12 assist, sementara Mkhitaryan mencetak 23 gol dan 32 assist.

Namun debut Mkhitaryan dengan Arsenal masih belum membuahkan hasil manis. Pemain yang masuk paket pertukaran penjualan Sanchez ke Manchester United itu gagal bersinar ketika Arsenal ditundukkan Swansea.

Sementara itu, kedatangan Aubameyang sekaligus memaksa Arsenal menjual Giroud ke rival sekota mereka, Chelsea. Giroud dilego dengan harga 18 juta poundsterling (Rp341 mililiar). Bomber asal Prancis itu menjadi pemain baru kedua Chelsea di bursa transfer Januari ini.

Sebelumnya, The Blues mendatangkan bek AS Roma, Emerson Palmieri, dengan mahar 17,5 juta poundsterling.  Sementara Chelsea meminjamkan striker mereka, Michy Batshuayi ke Dortmund untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Aubameyang. Batsman, julukan Batshuayi, sudah menjalani tes medis di Dortmund.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…