Soloraya
Rabu, 31 Januari 2018 - 17:05 WIB

232 Koperasi di Boyolali Dibubarkan karena Sudah Tak Aktif

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerakan koperasi (Bisnis.com)

Ratusan koperasi di Boyolali dibubarkan.

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak 232 dari 1.028 koperasi yang ada di Boyolali dibubarkan. Pembubaran ini dilakukan karena koperasi-koperasi tersebut tidak aktif atau tidak pernah melaporkan aktivitas mereka.

Advertisement

“Pembubaran ini kan langsung dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah,” ujar Kasi Organisasi dan Badan Hukum Koperasi pada Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Dinkopnaker) Boyolali, Agus Handoyo, Rabu (31/1/2018), saat dihubungi melalui telepon.

Sebelum dibubarkan, pihaknya sudah melakukan pembinaan terhadap pengurus koperasi. Di antaranya meminta untuk menggelar rapat anggota tahunan (RAT) dan menyehatkan koperasi. “Tapi koperasi tak mampu bertahan yang kemudian dibubarkan langsung oleh Kementerian,” kata Agus.

Agus Handoyo menambahkan pembubaran koperasi ini bukan kali pertama. Sebelumnya pembubaran ini sudah pernah dilakukan. Bahkan diperkirakan dalam waktu mendatang masih akan ada lagi pembubaran koperasi di Boyolali.

Advertisement

Sementara itu, pembubaran yang dilakukan melalui surat edaran kepada pengurus hingga saat ini tidak mendapat respons dari mereka. “Lha mau merespons bagaimana wong nyatanya mereka selama ini sudah tidak lagi melakukan pelaporan,” imbuhnya.

Sementara itu, dari 796 koperasi yang masih ada ini, sedikitnya masih ada sekitar 200 hingga 300 koperasi yang akan menyusul untuk dibubarkan. Hal itu seiring tak beroperasinya kegiatan koperasi dan tak adanya laporan RAT ke pemerintah selama dua kali berturut-turut.

Sebenarnya dia menyayangkan bubarnya koperasi yang ada di wilayahnya. Sebab keberadaan koperasi dapat membantu masyarakat, misalnya di bidang simpan pinjam yang bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Koperasi Boyolali
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif