News
Selasa, 30 Januari 2018 - 06:00 WIB

100.000 Pengungsi Rohingnya Terancam Jadi Korban Longsor

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengungsi Rohingya di kamp pengungsian Palong Khali, Bangladesh. (JIBI/Solopos/Reuters/Tyrone Siu)

Sebanyak 100.000 pengungsi Rohingnya terancam menjadi korban longsor saat musim hujan di Cox’s Bazar, Bangladesh.

Solopos.com, JENEWA — Lebih dari 100.000 pengungsi Rohingya yang berhimpitan di tempat penampungan kumuh dan berlumpur di Bangladesh terancam menjadi korban longsor saat musim hujan pada pertengahan tahun ini. Hal ini terungkap dalam laporan lembaga humanitarian PBB.

Advertisement

Saat ini tercatat lebih dari 900.000 pengungsi Rohingya di area Cox’s Bazar, Bangladesh, setelah hampir 700.000 orang melarikan diri dari gelombang kekerasan di Myanmar mulai pada akhir Agustus tahun lalu. Banyak lembaga kemanusian mengatakan bahwa tempat penampungan bagi para pengungsi itu sangat tidak layak.

“Pemetaan resiko bencana longsor dan banjir menunjukkan bahwa sedikitnya 100.000 orang berada dalam bahaya besar. Mereka harus segera direlokasi ke tempat baru atau ke pemukiman terdekat yang mereka tempati saat ini,” demikian laporan PBB itu.

Advertisement

“Pemetaan resiko bencana longsor dan banjir menunjukkan bahwa sedikitnya 100.000 orang berada dalam bahaya besar. Mereka harus segera direlokasi ke tempat baru atau ke pemukiman terdekat yang mereka tempati saat ini,” demikian laporan PBB itu.

“Kurangnya lahan masih menjadi tantangan utama mengingat tempat-tempat penampungan itu sangat padat sehingga memunculkan situasi hidup yang sangat sulit. Tidak ada lagi tempat untuk fasilitas bantuan,” kata laporan PBB.

“Di samping itu, kepadatan pengungsi membuat resiko kesehatan semakin meninggi dan memudahkan penyebaran penyakit seperti wabah difteri yang kini sudah mulai menyebar di sebagian area pengungsian,” kata mereka.

Advertisement

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga kini sudah melakukan vaksinasi difteri terhadap lebih dari 500.000 pengungsi Rohingya. Lalu pada Sabtu, para pekerja WHO mulai memberikan vaksinasi lanjutan kepada 350.000 anak-anak.

WHO juga memberikan 2.500 dosis anti-toxin, yang kini mengalami kelangkaan cadangan secara global, untuk menangani dampak mematikan dari penyakit difteri. Namun kini muncul resiko kesehatan baru, penyakit gondok.

Laporan PBB menunjukkan adanya peningkatan kasus gondok selama beberapa pekan terakhir. Para pengungsi Rohingya maupun warga Bangladesh setempat belum pernah menerima vaksinasi penyakit yang bisa menular dengan cepat itu. Meskipun gondok jarang menyebabkan kematian, penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi seperti meningtis.

Advertisement

Sebagian besar pengungsi Rohingya–sekitar 585.000 orang–kini bertahan di area yang sangat padat bernama Kutupalong-Balukhali. “Sebagian besar lahan pengungsian ini tidak cocok untuk pemukiman manusia karena beresiko besar terkena banjir dan langsor. Area itu juga semakin buruk karena sangat padat,” kata laporan PBB.

“Banjir dan longsor yang akan terjadi sepanjang musim hujan akan membuat situasi bertambah sangat buruk,” kata laporan yang sama.

Beberapa laporan lain menunjukkan bahwa semua jalanan di sekitar tempat penampungan tidak bisa lagi diakses dengan truk besar sehingga organisasi Program Pangan Dunia (WFP) tengah mempertimbangkan menggunakan kuli angkut untuk mendistribusikan makanan.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Krisis Rohingya
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif