News
Senin, 29 Januari 2018 - 21:00 WIB

Uang Palsu Makin Banyak Jelang Pilkada, Ini Sebabnya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Benda diduga uang palsu ditemukan warga Desa Gajahan, Colomadu, Karanganyar, Minggu (28/1/2018). (Iskandar/JIBI/Solopos)

BI memprediksi uang palsu makin banyak menjelang pilkada serentak 2018.

Solopos.com, JAKARTA — Bank Indonesia memprediksi peredaran uang palsu akan semakin banyak menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada). Biasanya para pelaku pengedar uang palsu memanfaatkan momentum peredaran uang di masyarakat.

Advertisement

?Direktur Departemen Pengendalian Uang pada Bank Indonesia, Luctor E Tapiheru, mengakui para pelaku pengedar uang palsu biasanya ?melihat momentum banyaknya peredaran uang di masyarakat. Dia memprediksi momentum pemilihan kepala daerah akan dimanfaatkan para pelaku guna mengedarkan uang palsu ke masyarakat.

“Memang sebenarnya tidak ada korelasi antara penyebaran uang palsu dan pilkada. Tapi yang harus kita pahami saat ini, peredaran uang palsu saat ini biasanya akan mengikuti banyaknya peredaran uang di masyarakat,” tutur Luctor, Senin (29/1/2018).

Menurutnya, berdasarkan hasil monitoring Bank Indonesia, peredaran uang palsu saat ini didominasi oleh wilayah Pulau Jawa dibandingkan dengan wilayah lain.? Menurutnya, pemilik warung kecil harus berhati-hati karena biasanya pelaku akan menargetkan warung yang tidak memiliki alat detektor uang palsu.

Advertisement

“Warung kecil ini yang harus mewaspadai peredaran uang palsu ini. Jadi uang palsu di Pulau Jawa masih lebih dominan daripada di luar Pulau Jawa,” katanya.

?Dia mengimbau agar masyarakat lebih teliti dalam menerima ?uang pada saat melakukan transaksi. Pasalnya, Bank Indonesia tidak akan mengganti uang palsu dengan uang asli jika ada masyarakat yang menjadi korban peredaran uang tersebut.

“Jadi 3D yaitu dilihat, diraba dan diterawang. Ini sangat efektif diterapkan oleh masyarakat, karena Bank Indonesia ini tidak bisa mengganti uang palsu itu dengan uang asli,” ujarnya.

Advertisement

Menurutnya, Bank Indonesia juga mengapresiasi langkah Bareskrim Mabes Polri yang berhasil meringkus para pelaku sindikat peredaran uang palsu? di wilayah Jakarta. Dia berharap ke depan tidak ada lagi uang palsu yang akan beredar di masyarakat.

“Kami mengapresiasi langkah dan kerja keras tim penyidik polri yang telah mengungkap kasus ini. Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap uang palsu,” tuturnya.

Advertisement
Kata Kunci : Uang Palsu
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif