Soloraya
Minggu, 28 Januari 2018 - 16:00 WIB

PEMBUNUHAN BOYOLALI : Pembunuh Dera Tetangga Rumah, Beraksi Setelah Kalah Judi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rumah Dera di Sawahan, Boyolali. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Tersangka pembunuh Dera di Ngemplak, Boyolali, yang merupakan tetangga korban, nekat beraksi setelah kalah judi.

Solopos.com, BOYOLALI — KY, tersangka pelaku pembunuh Dera Dewanti Dirgahayu, 38, warga Perum Sawahan, Ngemplak, Boyolali, adalah tetangga korban. KY berniat mencuri di rumah Dera setelah butuh uang karena kalah saat berjudi.

Advertisement

KY yang tidak punya pekerjaan tetap itu tinggal di blok berbeda dengan korban. Sebelum pembunuhan itu terjadi, KY yang masih berusia 21 tahun (bukan 30 tahun yang disebutkan sebelumnya) hanya berniat mencuri di rumah korban pada Minggu (21/1/2018) malam.

Tindakan ini dilakukan karena pelaku beberapa hari sebelumnya kalah judi sehingga butuh uang. Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi dalam rilis kasus di Mapolres Boyolali, Minggu (28/1/2018) mengatakan, dalam aksinya KY naik masuk ke rumah korban dengan cara memanjat tembok belakang kemudian masuk melalui plafon.

“KY ini naik tembok lalu membuka genteng dan masuk lewat plafon ke sebuah ruangan yang berfungsi sebagai gudang. Saat itu Dera sedang tidur,” ujarnya didampingi Wakapolres Kompol Zulfikar Iskandar dan Kasatreskrim AKP Willy Budiyanto. Baca juga: Kabur ke Pekanbaru, Pembunuh Dera Tinggalkan Mobil di Bekasi.

Advertisement

Sebelumnya, Jumat (26/1/2018) lalu, Kapolres mengungkapkan YK ditangkap pada Jumat siang sekitar pukul 13.00 WIB. Namun, “Kami dari Polres Boyolali Satuan Reserse hari ini sekira pukul 13.00 WIB, pelaku pembunuhnan Sdri Dera yang jenazahnya ditinggalkan di wilayah Cengklik, Ngemplak, sudah berhasil kita tangkap di salah satu kota, yang saat ini masih dikembangkan,” kata dia Jumat malam.

Polisi memastikan bahwa kasus ini adalah murni kasus perampokan. “Ini murni tindak pidana pencurian yang disertai kekerasan, sampai dengan meninggalnuya korban. Sampai saat ini masih dikembangkan. Kami ucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang memberi informasi yang kita butuhkan dalam penyelidikan. Secepatnya kita sampaikan ke masyarakat yang kita ungkap,” tutupnya.

Dari penangkapan ini, polisi sudah bisa memastikan bahwa KY adalah pelaku pembunuha Dera lantaran sejumlah barang ditemukan. Salah satunya adalah mobil milik Dera yang sempat raib sejak pembunuhan terjadi. “Hal ini didukung dengan alat bukti yang kita dapat setelah penangkapan, kendaraan milik korban berikut barang-barang lainnya di mobil itu,” ungkap Aries.

Advertisement

Mobil Honda Jazz dengan pelat nomor AB 1921 VS itu memang sempat hilang bersamaan terbunuhnya Dera. Mobil itu diduga dibawa kabur pelaku. Baca juga: 5 Hari, Pembunuh Dera Ditangkap, Mobil Ditemukan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif