Sport
Minggu, 28 Januari 2018 - 17:25 WIB

LIGA SPANYOL : Barcelona Vs Alaves: Kesempatan Coutinho Debut di La Liga

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Philippe Coutinho (JIBI/REUTERS/Albert Gea)

Liga Spanyol akan menyajikan laga Barcelona kontra Alaves.

Solopos.com, BARCELONA — Setelah melakoni debut di Copa del Rey, Philippe Coutinho memiliki peluang menorehkan debut di Liga Primera Spanyol bersama Barcelona.

Advertisement

Coutinho hanya turun dari bangku cadangan ketika Barcelona menyingkirkan Espanyol pada leg kedua perempat final Copa del Rey, Jumat (26/1/2018) dini hari WIB. Namun eks bintang Liverpool tersebut bisa jadi akan turun sebagai starter ketika Barcelona menjamu Alaves pada jornada ke-21 Liga Primera di Camp Nou, Barcelona, Senin (29/1/2018) pukul 02.45 WB.

Itu artinya, entrenador Barcelona, Ernesto Valverde, harus mencoret salah satu pemain untuk memberi posisi Coutinho di line-up timnya. Ada kemungkinan Valverde bakal mengistirahatkan Andres Iniesta di bangku cadangan agar Coutinho menempati sisi kiri barisan gelandang.

Dalam duel melawan Espanyol di Camp Nou, Jumat WIB, Valverde memilih Iniesta sebagai starter di pos tersebut. Suksesor Luis Enrique itu menumpuk empat gelandang dan memasang Lionel Messi serta Luis Suarez sebagai penyerang dalam skema 4-4-2.

Advertisement

Tapi, Valverde bisa saja mengistirahatkan Iniesta dan memberi tempat untuk Coutinho kali ini. Valverde tidak perlu merasa dilema dengan mengistirahatkan Iniesta. Apalagi, Barcelona masih menghadapi tiga kompetisi berbeda musim ini.

Laga melawan Alaves bisa memberi kesempatan Iniesta untuk istirahat, sekaligus menguji kebugaran Coutinho untuk bermain sebagai starter setelah mengalami cedera sejak ditransfer dari Liverpool senilai 142 juta poundsterling (Rp2,5 triliun). Megabintang Barcelona, Lionel Messi, mendukung Valverde melakukan rotasi pemain selama hal itu berdampak positif bagi raksasa Catalan.

“Pelatih yang putuskan [siapa yang main]. Saya sering memberi tahunya dan saya tidak masalah dengan rotasi, seperti rekan-rekan setimku. Beruntung, beberapa hal berjalan baik dan kami melewati ujian melawan Espanyol. Kami sangat senang sejauh ini, meski ada beberapa pemain yang tidak ikut serta [dalam sejumlah laga],” ungkap Messi, seperti dilansir express.co.uk, Sabtu (27/1/2018).

Advertisement

Namun untuk barisan striker, Valrverde sepertinya belum mau mengganggu gugat posisi Messi dan Suarez. Apalagi penampilan kedunya sedang hot. Suarez melesakkan 11 gol dalam sembilan pertandingan terbaru. Sementara Messi semakin menunjukkan sisi lain sebagai “pelayan” bagi rekan-rekan setimnya.

Messi mengemas setidaknya menciptakan satu assist  per laga dalam lima penampilan terbarunya di Liga Primera. Jika berhasil menorehkan assist ketika melawan Alaves, Messi akan mengikuti jejak Iniesta (2013) dan Dani Alves (2011) ketika mencatat assist dalam enam pertandingan beruntun di Liga Primera.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif