Jogja
Jumat, 26 Januari 2018 - 19:55 WIB

Terancam Longsor, Satu Keluarga di Pengasih Disarankan Mengungsi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bencana tanah longsor. (Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)

Sebuah rumah warga dan jalan desa kembali terancam tertimpa longsor

 
Harianjogja.com, KULONPROGO— Sebuah rumah warga dan jalan desa kembali terancam tertimpa longsor. Tempat tersebut berada di RT 47 RW 42, Watu Belah, Sidomulyo, Pengasih.

Advertisement

Awalnya, rumah milik Ujung Mulad, 35, telah terkena longsor pada Senin (22/1/2018) lalu. Hanya saja ancaman longsor kembali datang mengingat terbukanya lahan bekas longsoran dan adanya sumber mata air di atas lahan bekas longsoran tersebut.

Menurut Anggota Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kulonprogo, Khamdani, saat melakukan tindakan di rumah Ujung Mulad pada Rabu kemarin. Dirinya menemukan aliran air yang berasal dari sumber mata air di bukit di atas rumah Ujung Mulad.

“Rumah ini rawan untuk kembali, karena ada rembesan aliran mata air di atasnya,” jelasnya Kamis (25/1/2018).

Advertisement

Saat melakukan pembersihan lokasi, Khamdani menganjurkan, pihak keluarga Ujung Mulad untuk tidak tinggal di rumah tersebut. Pasalnya basahnya tanah dan intensitas hujan yang belum mereda akan menambah risiko longsor susulan.

“Makanya, hari ini [Kamis] keluarga sudah meninggalkan rumah, jadi masyarakat mulai sadar untuk mengurangi risiko bencana,” jelasnya.

Khamdani menambahkan, jika saja terjadi longsor susulan, tidak menutup kemungkinan bahwa tanah longsoran dapat menutup akses jalan desa. Alhasil bisa saja membuat beberapa rumah di bawah menjadi terisolasi.

Advertisement

“Di bawah juga ada rumah cukup jauh, cuma jalannya bakal tertutup,” jelasnya.

Ketika disinggung adakah Early Warning System (EWS), Khamdani mengungkapkan di titik ini tidak dipasang EWS. Dimana titik ini ia kira bukan titik yang awalnya dianggap berpotensi longsor.

“Kebetulan tidak ada EWS, jadi tidak ada peringatan,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif