Jogja
Kamis, 25 Januari 2018 - 00:21 WIB

Program Studi di Perguruan Tinggi Swasta DIY Terus Bertambah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pemateri yang hadir dalam diskusi panel pada saat koordinasi pimpinan PTS, Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI), Asosiasi perguruan Tinggi Swasta (APTISI), dan Kopertis wilayah V DIY di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Kecamatan Depok, Rabu (24/1/2018). (JIBI/Irwan A. Syambudi)

Petinggi perguruan tinggi swasta (PTS) di seluruh DIY hadir di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)

Harianjogja.com, SLEMAN—Petinggi perguruan tinggi swasta (PTS) di seluruh DIY hadir di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Kecamatan Depok, Rabu (24/1/2018). Pertemuan dilakukan untuk koordinasi seluruh PTS pada periode I 2018.

Advertisement

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Auditorium Kampus 3 UMBY, Jalan Ring Road Utara, Condongcatur, Depok dilaksanakan juga diskusi panel.

Hadir sebagai pemateri diskusi adalah Koordinator Kopertis Wilayah V DIY, Bambang Supriyadi; Rektor UMBY, Alimatus Sahrah; Kepala Bidang P2 Humas Kanwil Ditjen Pajak DIY, Sanityas Jukti Prawatyani ; serta Koman Resimen Mahasiswa Mahakarta, Purwanta.

Pertama Bambang menyampaikan terkait dengan pertumbuhan program studi (Prodi) dan PTS yang ada di DIY. Sejak 2016 pertumbuhan Prodi dan PTS di DIY cukup signifikan. Mulai akhir 2016 hingga akhir 2017 terdapat 49 Prodi dua PTS baru yang dibangun.

Advertisement

Dan dari pertumbuhan tersebut juga diikuti dengan peningkatan akreditasi. Total sudah terdapat 100 prodi yang terakreditasi A dan lima PTS yang memiliki akreditasi A.

Selain itu sampai saat ini dari 107 PTS menyelenggarakan jenjang S1 sebanyak 350, S3 sebanyak lima, S2 sebanyak 67, D4 sebanyak delapan, D3 sebanyak 129, Profesi profesi 28, dan D1 sebanyak tujuh.

“Dengan sudah adanya jenjang S3 yang diselenggarakan oleh PTS, harapannya para dosen atau calon dosen tidak lagi harus kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN),” kata dia, Rabu.

Advertisement

Sementara itu, Rektor UMBY, Alimatus Sahrah menyampaikan terkait perkembangan UMBY di tengah pertumbuhan PTS yang ada di DIY. Hal itu dibuktikannya dengan kenaikan peringkat umum menurut Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). “Pada 2016 peringkat umum UMBY berada di peringkat 714, tapi pada 2017 sudah jauh melesat diurutan 150,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif