Jatim
Rabu, 24 Januari 2018 - 15:05 WIB

Mengulik Isi Museum Brawijaya, Tempat Wisata Yang Penuh Sejarah

Redaksi Solopos.com  /  Yeyen Pamula  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - sumber:wisataindonesia.org

Mengulik Isi Museum Brawijaya, Tempat Wisata Yang Penuh Sejarah

Menikmati liburan di Kota Malang tak melulu main di tempat wisata loh. Di kota ini juga ada tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi, Museum Brawijaya, dengan harga tiket yang sangat murah meriah, Rp 3 ribu saja untuk sekali masuk! Murah banget kan…

Advertisement

Padahal, tempat wisata di Malang ini memiliki banyak koleksi benda-benda dari zaman perjuangan yang sangat bersejarah. Berbagai benda dan juga lukisan yang ada di dalam museum ini sangat erat dengan perjuangan masyarakat Malang di era kemerdekaan Indonesia.

Benda Peninggalan Perang Kemerdekaan

Advertisement

Benda Peninggalan Perang Kemerdekaan

Begitu tiba di Museum Brawijaya, pemandangan pertama yang nampak nyata adalah sebuah tank berukuran besar. Tank ini adalah buatan Jepang dan dirampas oleh pejuang Surabaya pada tahun 1945, dan sejak Museum Brawijaya dibuka, tank ini menjadi salah satu koleksi yang dipajang d sini.

Tidak hanya satu, tapi ada dua tank yang disimpan di tempat wisata di Malang ini. Tank yang kedua berjenis amfibi AM Track yang dulunya adalah milik Belanda dan digunakan untuk menyerang pejuang dari Malang yang dikenal dengan nama TRIP.

Advertisement

Di museum ini juga terdapat patung Jenderal Sudirman dan beberapa benda peninggalan dari sang pahlawan. Tak hanya patung, di dalam Museum Brawijaya juga terdapat banyak benda yang ditujukan untuk mengenang sang Jenderal yang dikenal karena keberaniannya ini.

Koleksi Lain

Selain senjata dan patung Jenderal Sudirman, Museum Brawijaya juga memiliki relief yang menggambarkan posisi Malang di masa Kerajaan Majapahit. Selain itu juga ada relief daerah tugas pasukan Brawijaya ketika perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Advertisement

Di tempat ini juga dipajang berbagai lambang dari Kodam dan Kotama TNI Angkatan Darat di Indonesia. Kamu bisa belajar banyak hal tentang Angkatan Darat di Museum ini.

Meja Bundar

Ingat dengan perundingan Meja Bundar yang dilakukan oleh Presiden Soekarno untuk berunding dengan beberapa pihak? Hingga kini, meja tersebut masih tersimpan dengan rapi di Museum Brawijaya. Meja inilah yang menjadi saksi perundingan antara Soekarno, Muhammad Hatta dengan Kol. Soengkono yang sampai sekarang dikenal dengan Perundingan Meja Bundar.

Advertisement

Berbagai Koleksi Foto

sumber:lilolipop.blogspot.com

Meski pada masa penjajahan melakukan foto sangat sulit dilakukan, namun ada beberapa koleksi foto dari masa perjuangan kemerdekaan yang masih tersimpan sampai sekarang. Tidak hanya berupa potret para pahlawan, namun juga foto masa perjuangan bangsa ini ketika merebut kemerdekaannya terpampang nyata di Museum Brawijaya.

Selain itu juga terdapat beberapa koleksi Malang pada masa kemerdekaan. Bagaimana kondisi kota ini pada masa itu, seperti apa bangunan-bangunan dan jalan raya yang ada di kota ini. Semuanya tersimpan rapi di tempat wisata di Malang ini.

Mudah Dijangkau

Tak sulit menemukan Museum Brawijaya karena lokasinya berada tepat di jantung kota. Persisnya di kawasan Jalan Ijen, yang menjadi arteri utama di tengah Kota Malang. Untuk menuju ke tempat wisata di Malang ini, kamu bisa naik kendaraan umum atau membawa kendaraan pribadi. Tak perlu khawatir dengan tempat parkir, karena Museum Brawijaya memiliki halaman yang sangat luas. Bisa menampung kendaraan besar seperti bus sekalipun.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif