Jogja
Rabu, 24 Januari 2018 - 17:55 WIB

Diprotes Warga, Perusahaan Tambang di Sidomulyo Mulai Perbaiki Jalan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kendaraan pengaduk semen yang sedang beroperasi di jalan penghubung Karangasem Sendangsari, Rabu (24/1/2018). (Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja)

Perusahaan tambang mulai memenuhi janjinya dengan memperbaiki jalan Karangasem menuju Sendangsari.

Harianjogja.com, KULONPROGO— Setelah ratusan warga Desa Sidomulyo, Pengasih Kulonprogo melakukan protes terhadap lima perusahaan tambang.

Advertisement

Rabu (24/1/2018), empat perusahaan tambang mulai memenuhi janjinya dengan memperbaiki jalan Karangasem menuju Sendangsari.

Menurut Dukuh Pendem, Sidomulyo, Arif M. mengungkapkan bahwa dirinya dan warga merasa senang karena empat dari lima perusahaan telah memulai pekerjaan yang seharusnya menjadi kewajibannya.  Bahkan Arif akan memantau bagaimana pengerjaan perbaikan jalan itu. Apakah sesuai dengan keinginan masyarakat atau tidak.

“Sementara ini sesuai dengan syarat jalan Kabupaten dari DPU Kulonprogo, seperti cor setebal 15 cm,” katanya Rabu (24/1/2018).

Advertisement

Hanya saja, masyarakat terutama yang tergabung dalam Warga Sidomulyo Bersatu masih memikirkan bagaimana nasib salah satu tambang yang tidak kooperatif dengan masyarakat. Bahkan dalam pengerjaan jalan ini yaitu PT Laju Jaya Sakti juga tidak ikut andil untuk membantu empat perusahaan lainnya.

“Kami masih memikirkan bagaimana kedepan, tetapi jika ingin menambang harus ikut andil pembangunan jalan, biar adil,” jelasnya.

Salah satu Mandor Proyek perbaikan jalan Karangasem – Sendangsari, Rondiin mengungkapkan bahwa pengerjaan proyek jalan sepanjang lima km ini akan membutuhkan waktu selama satu bulan untuk betonisasi. Bahkan perkiraan akan berubah seiring dengan gangguan cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini.

Advertisement

“Kendalanya cuaca, kemungkinan satu bulan selesai. Tapi tergantung cuaca juga,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif