Sport
Selasa, 23 Januari 2018 - 07:10 WIB

PIALA LIGA INGGRIS : Tantang Bristol, City Hadapi Keangkeran Markas Lawan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Manchester City merayakan gol. (JIBI/REUTERS/Andrew Yates)

Piala Liga Inggris akan menyajikan duel Bristol vs City di babak semifinal.

Solopos.com, BRISTOL — Manchester City selangkah lagi menjejakkan kaki mereka di Wembley, lokasi final Piala Liga Inggris, apabila berhasil menuntaskan perlawanan terhadap Bristol City.

Advertisement

Pada leg pertama semifinal di Etihad, Rabu (10/1/2018) WIB, tim yang dinakhodai Josep “Pep” Guardiola tersebut menang 2-1 atas Bristol. Jadi, City hanya membutuhkan minimal skor imbang pada leg kedua di markas Bristol, Ashton Gate Stadium, Rabu (24/1/2018) pukul 02.45 WIB, untuk memastikan lolos ke final, sekaligus mendekatkan Kevin de Bruyne dkk. meraih trofi perdana mereka di musim ini.

City tak hanya dituntut meraih tiket ke babak pamungkas. Pasukan Guardiola harus tampil sempurna di Ashton Gate. Tim yang kini dipimpin penguasaha asal Abu Dhabi, Khaldoon Al Mubarak, tersebut harus menjaga harga diri sebagai tim pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris.

Meski hanya berkapasitas sekitar 27.000 penonton, Ashton Gate lumayan angker bagi tamunya. Sebelumnya, markas Bristol ini menjadi “kuburan” bagi rival sekota City, Manchester United, pada  babak perempat final Piala Liga, Desember lalu. United dipermalukan dengan skor 1-2 di stadion tersebut. Dua tim Liga Premier, Crystal Palace dan Stoke City, juga menjadi korban keganasan Bristol di Ashton Gate di Piala Liga musim ini.

Advertisement

Selain itu, sebagai tim kaya-raya City harus menghindari malu takluk dari The Robins yang cuma memiliki skuat dengan market value senilai 24,66 juta poundsterling (Rp457,5 miliar) tersebut. Dalam data Transfermarkt, nilai jual pemain-pemain The Citizens total mencapai 704,25 juta poundsterling (Rp13,06 triliun) alias hampir 29 kali lipat milik The Robins.

Meski demikian, Guardiola sangat respek kepada The Robins. Pelatih berjuluk Filsuf tersebut menilai permainan Bristol lebih baik ketimbang beberapa tim Liga Inggris yang pernah berkunjung ke Etihad musim ini, setelah kemenangan tipis 2-1 timnya pada leg pertama. Guardiola dilaporkan tertarik meminjamkan pemain mudanya ke Bristol.

City bangkit setelah kekalahan di Liverpool dengan cara menundukkan Newcastle United 3-1 di Liga Premier, Minggu (20/1/2018) WIB. Peluan g City meraih quadruple di musim ini pun masih terjaga dengan rapi.

Advertisement

“Kami ingin lolos ke final Carabao Cup [Piala Liga] dan Piala FA, jadi masih banyak laga yang kami hadapi. Saya pikir manusia punya hasrat untuk tetap terus, terus, dan terus ke depan,” jelas Guardiola, seperti dilansir Skysports.com, Senin (21/1/2018).

Sejak takluk 1-2 di markas City, Bristol tak pernah meraih kemenangan dalam dua laga di Championship. Tim yang diarsiteki Lee Johnson tersebut takluk dari Norwich City dengan skor 0-1 di Ashton Gate dan ditahan imbang 0-0 di kandang Derby County.

Meski demikian, Bristol pantas optimistis. Sebab gol tandang di Etihad membuat The Robins hanya perlu kemenangan 1-0 di Ashton Gate untuk menyingkirkan City dan lolos ke final. Bristol telah menunjukkan ketajaman dengan menyarangkan 12 gol dalam enam pertemuan melawan tim-tim Liga Premier Inggris musim ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif