News
Selasa, 23 Januari 2018 - 14:00 WIB

Jokowi Minta TNI dan Polri Solid Menghadapi Pilkada dan Pilpres

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi). (setkab.go.id)

TNI dan Polri diminta tetap solid menghadapai pilkada dan pemilu.

Solopos.com, JAKARTA — Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta TNI dan Polri tetap menjaga kesolidan menghadapi pilkada hingga Pemilihan Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) pada 2019.

Advertisement

“Bapak Presiden mengharapkan tetap terjalinnya soliditas TNI-Polri yang saat ini sudah bertambah baik dari yang baik bertambah baik,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto setelah Pengarahan Presiden Joko Widodo kepada Pimpinan TNI dan Polri di Aula Gedung Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23/1/2018).

Dia  mengatakan Presiden ingin agar TNI-Polri tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

“Harapan beliau adalah semuanya bisa berjalan dengan aman, lancar, dan tidak ada permasalahan yang berarti sehingga akan mendukung dan mempengaruhi proses pembangunan yang saat ini sedang berjalan,” tuturnya.

Advertisement

Hal yang sama dikatakan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang juga mendampingi Presiden dalam acara itu mengatakan jajaran TNI dan Polri diminta oleh Presiden agar tetap netral.

“Beliau juga memerintahkan TNI-Polri untuk memetakan potensi konflik dari 175 wilayah yang ada sesuai dengan tingkat kerawanannya dan langkah-langkah yang harus dilakukan secara persuasif untuk menyelesaikan potensi konflik,” ujarnya.

Presiden, kata Kapolri, juga berpesan agar dilakukan peningkatan kesejahteraan dan profesionalisme prajurit sehingga ada langkah antisipasi terhadap perubahan global yang serba cepat.

Advertisement

Dalam rapat pimpinan TNI-Polri itu sebanyak 359 perwira tinggi meliputi pejabat TNI 180 pati dan pejabat polri 179 pati hadir dengan rangkaian kegiatan dilaksanakan secara bersama di Mabes TNI dan tersebar di internal TNI maupun Polri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif