Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat menghadiri Muktamar Ke-12 Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (Jatman) di Kabupaten Pekalongan, Jateng, Senin (15/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra) Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat menghadiri Muktamar Ke-12 Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (Jatman) di Kabupaten Pekalongan, Jateng, Senin (15/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)
Selasa, 23 Januari 2018 22:00 WIB Yodie Hardiyan/JIBI/Bisnis Politik Share :

Jokowi Ingatkan Pemda, Hubungan Pusat dan Daerah Segaris

Presiden Jokowi mengingatkan kepada pemda bahwa hubungan pemerintah pusat dan daerah adalah segaris.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan hubungan antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota berada dalam satu garis.

Presiden menyatakan hal tersebut terkait usahanya melakukan harmonisasi peraturan pemerintah pusat dan daerah, khususnya mengenai izin usaha. “Kita harmonisasi kembali kebijakan pemerintah daerah dan pusat,” katanya di Istana Negara, Selasa (23/1/2018).

Menurutnya, otonomi daerah yang sekarang berlaku bukan merupakan bentuk federal. Presiden mengingatkan kembali bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan. Dengan demikian, hubungan antara pemerintah pusat dan provinsi serta kabupaten atau kota masih satu garis.

Salah satu hal yang disinggung oleh Presiden adalah mengenai banyaknya izin di daerah. Izin tersebut, menurut Presiden, perlu ditelaah bersama apakah perlu dipangkas, disederhanakan, atau dihapus.

“Ini betul-betul kita sudah tidak punya pilihan lagi. Mutlak harus dikerjakan. Tanpa kita perbaiki, kita lupakan, yang namanya pertumbuhan ekonomi itu tidak akan meningkat lebih baik,” katanya.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…