Ratusan pekerja pabrik di Sukabumi dievakuasi setelah terjadi gempa (Twitter) Ratusan pekerja pabrik di Sukabumi dievakuasi setelah terjadi gempa (Twitter)
Selasa, 23 Januari 2018 16:05 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Peristiwa Share :

GEMPA BUMI
Video Gempa Banten Guncang Jakarta: JK Tetap Tenang hingga Karyawan Berhamburan

Gempa 6,1 SR yang berpusat di Banten, Selasa (23/1/2018) siang terasa hingga Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA – Gempa bumi mengguncang Jakarta, Selasa (23/1/2018) siang kurang lebih pukul 13.34 WIB. Tak lama setelah gempa, video amatir yang mengabadikan momen-momen pasca-gempa ramai diunggah di media sosial.

Awalnya dikabarkan gempa tersebut berkekuatan 6,4 Skala Ritcher (SR) dengan pusat lepas pantai 81 Km barat daya Lebak-Banten dengan kedalaman 10 Km. BMKG memutakhirkan data kurang lebih satu jam setelah gempa.

BMKG menyebut gempa bumi tektonik terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa dengan kekuatan 6,1 SR berlokasi di 43 Km arah selatan Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Banten, dengan kedalaman 61 Km. Gempa dengan kedalaman dangkal itu tidak berpotensi tsunami dan terjadi karena aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa siang pukul 14.30 WIB, trending topic Twitter diisi dengan tagar #gempa, dan Barat daya Lebak-Banten. Saat ditelusuri tagar #gempa, terdapat video-video amatir dari warganet yang merekam proses evakuasi saat gempa atau kondisi pasca-goncangan.

Salah satu yang ramai diperbincangkan adalah video amatir dari Juru Bicara Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK), Husain Abdullah. Dalam cuitannya di akun @husainabdullah1, Husain merekam JK berdiri tenang di sebuah ruangan. Husain merekam lampu yang bergoyang pelan karena gempa.

Tampak dalam video berdurasi 30 detik itu JK berdiri tenang sembari melihat beberapa sudut ruangan. Tak lama setelah itu JK diminta untuk keluar ruangan menuju ke tempat yang lebih aman.

Video amatir lainnya diunggah pengguna akun @erwan_susanto yang menunjukkan situasi pascagempa di areal perkantoran di Bogor, Jawa Barat. “Bogor kerasa #gempa,” cuit @erwan_susanto. Dalam video yang diunggah Erwan, tampak warga di kantor-kantor berhamburan keluar.

Video amatir lainnya diunggah pengguna akun @indraa_prayoga. Ia mengunggah momen-momen kepanikan karyawan sebuah pabrik di Sukabumi, Jawa barat, saat dievakuasi setelah terasa gempa. Tampak dalam video ratusan pegawai pabrik berkumpul di sebuah halaman terbuka di areal pabrik.

 

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…