Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara)
Selasa, 23 Januari 2018 14:16 WIB Adib Muttaqin Asfar/Newswire/JIBI Peristiwa Share :

Gempa 6,4 SR Guncang Lebak Banten & Goyang Jakarta

Gempa 6,4 SR mengguncang selatan Banten dan menggoyang wilayah Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA — Gempa cukup kuat mengguncang daerah barat Pulau Jawa, Selasa (23/1/2018) siang. Gempa yang berpusat di lepas pantai Kabupaten Lebak, Banten, ini terasa hingga ke wilayah DKI Jakarta.

Keterangan tertulis yang dipublikasikan BMKG melalui situs resmi dan akun media sosial menyebutkan gempa tersebut berkekuatan 6,4 SR dan muncul pada pukul 13.34 WIB. Lokasi pusat gempa berada di 81 km barat daya Lebak atau di lautan. Kedalaman pusat gempa mencapai 10 km.

“Info Gempa Mag:6.4 SR, 23-Jan-18 13:34:50 WIB, Lok:7.21 LS,105.91 BT (81 km BaratDaya LEBAK-BANTEN), Kedlmn:10 Km ::BMKG,” tulis BMKG melalui akun Twitter, Selasa siang.

Belum ada keterangan tentang potensi tsunami atau bahaya lain akibat gempa ini. Namun, berdasarkan pantauan Solopos.com terhadap citra yang diunggah BMKG, gempa berada di level moderat di wilayah selatan Banten.

Dilansir Suara.com, goyangan kencang membuat warga Jakarta berhamburan ke luar rumah, kantor maupun gedung-gedung tinggi. Sejumlah penghuni kantor yang menempati gedung tinggi panik, karena goyangan terasa sangat kencang.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…