News
Minggu, 21 Januari 2018 - 21:20 WIB

STTKD Jajaki Kerja Sama dengan Hanseo University

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua STTKD Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi (paling tengah) berfoto bersama saat kunjungan dari Hanseo University di Hanggar STTKD, Ringroad Selatan, Bantul, DIY, Jumat (19/1/2018). (Harian Jogja/Sunartono)

Hanseo University Korea dinilai sebagai kampus yang sesuai untuk diajak kerja sama

Harianjogja.com, BANTUL-Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta mendapat kunjungan dari Hanseo University, Korea Selatan, Jumat (19/1/2018). Kunjungan itu dilakukan dalam rangka menjajaki kerja sama antar kedua perguruan tinggi tersebut.

Advertisement

Ketua STTKD Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi menjelaskan, sebagai perguruan tinggi terbesar yang bergerak di bidang penerbangan, STTKD perlu mengembangkan kedirgantaraan dengan mengandeng perguruan tinggi dari luar negeri. Hanseo University Korea dinilai sebagai kampus yang sesuai untuk diajak bekerja sama dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang kedirgantaraan.

“Kami merasa perlu SDM kami untuk mencari pengalaman di sana [Hanseo University], agar STTKD bisa lebih maju,” terangnya di sela-sela kunjungan, Jumat (19/1/2018) pagi.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan kunjungan ke Hanseo University. Selanjutnya, melaksanakan kegiatan  seperti mengirim dosen STTKD untuk menempuh pendidikan lanjutan, mengingat Hanseo University memiliki banyak perangkat kedirgantaraan yang dipraktikkan di kampus itu.

Advertisement

“Di sana flying school-nya bagus, di sana menghasilkan 200 [SDM] per tahun, kami juga akan mengirim teknisi untuk belajar terbang di Hanseo. Karena persyaratan terbang minimal harus D3 minimal atau S1, sehingga yang aeronautika bisa kami kirim ke sana untuk belajar,” ungkap pria yang pernah menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) ini.

Direktur Kemahasiswaan Hanseo University Jang Won Kweon menyatakan, kekagumannya dengan STTKD yang memiliki semangat besar dalam menghasilkan SDM di bidang dirgantara. Ia pun sepakat kerja sama dengan STTKD terutama kaitannya dengan penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Saya baru pertama kali ke sini, tetapi saya melihat STTKD memiliki semangat yang besar dan itu merupakan modal berharga untuk lebih baik dan saya sudah punya beberapa gambaran kerja sama ke depannya,” ungkap dia.

Advertisement

Ia sangat berharap pihak STTKD dapat mengunjungi Hanseo lebih dahulu sebelum secara resmi untuk memulai kerja sama. Agar STTKD dapat mengenal lebih dalam terkait Hanseo University. “Bentuk kerja sama sangat luas, bisa pertukaran mahasiswa atau pertukaran dosen, dosen STTKD bisa mengajar di Hanseo atau sebaliknya, Hanseo memberikan kuliah di sini. Selain itu bisa juga riset di bidang kedirgantaraan, serta pengabdian masyarakat yang kebetulan kami punya desa binaan di Puton [Trimulyo, Jetis, Bantul, kita bisa membuat desa-desa binaan lainnya di Jogja,” ungkap Jang.

Dalam kesempatan itu, Jang Won Kweon ditemani Wakil Direktur Kemahasiswaan Hanseo University Kwon Oh Hyeong. Kedua orang itu diterima Pimpinan STTKD di Hanggar kampus tersebut kemudian melakukan pengamatan di sejumlah ruang praktik kampus STTKD, tak terkecuali melihat sejumlah mesin pesawat yang biasa dipakai untuk praktikum mahasiswa STTKD. Setelah itu, kedua belah pihak melakukan diskusi untuk saling memberikan informasi latar belakang kedua perguruan tinggi tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif