Soloraya
Minggu, 21 Januari 2018 - 23:35 WIB

Plasa Klaten Diwacanakan Diubah Jadi Hotel dan Mal

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengendara melintasi depan Plasa Klaten, Jl. Pemuda, Klaten Tengah, Selasa (2/1/2017). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Plasa Klaten yang akan habis kontraknya pada April 2018 diwacanakan jadi hotel dan mal.

Solopos.com, KLATEN — Plasa Klaten diwacanakan tetap menjadi pusat perbelanjaan di Kabupaten Bersinar. Usulan itu disampaikan Bupati Klaten, Sri Mulyani, menanggapi akan habisnya kontrak hak guna bangunan (HGB) Plasa Klaten pada April 2018 mendatang.

Advertisement

Mulyani mengatakan untuk menggarap kawasan yang berada tepat di pusat kota Klaten tersebut membutuhkan dana besar. Lantaran hal itu, dibutuhkan investor yang siap menggarap kawasan yang sebelumnya dikontrak sejak 1993 lalu.

“Saya punya gagasan karena berada di tengah pusat Kota Klaten, harapan saya ada investor masuk. Nanti di lantai atas hotel dan bawahnya ada mal. Memang butuh investor besar. Kalau kami pakai APBD kan sayang, makanya ditawarkan ke investor yang betul-betul baik sehingga bisa mengelola itu sesuai harapan,” kata Mulyani saat ditemui wartawan di Pasar Totogan, Kecamatan Ngawen, Jumat (19/1/2018). (baca: Kontrak Plasa Klaten Tidak Diperpanjang, Bagaimana Nasib Matahari?)

Ia menjelaskan tim Pemkab masih membahas soal keberlanjutan nasib Plasa Klaten. Koordinasi dengan pengelola saat ini juga masih dilakukan. “Kami koordinasi dengan pengelola, masih ada kajian. Rencana kami ada perpanjangan satu tahun untuk masa kontraknya sambil kami mencari solusi terbaiknya seperti apa,” katanya.

Advertisement

Plasa Klaten berada di tepi Jl. Pemuda, Klaten Tengah. Kontrak HGB Plasa Klaten berakhir pada 22 April 2018. Kontrak selama 25 tahun untuk Plasa Klaten dimiliki PT Inti Griya Prima Sakti dengan satu paket kontrak pengelolaan terdiri dari tiga bangunan yakni gedung plasa, Pasar Klaten, dan terminal angkuta.

Plt. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi (Disdagkop) dan UMKM Klaten, Abdul Mursyid, mengatakan pembahasan soal nasib Plasa Klaten dilakukan dalam waktu dekat. Pengelola sudah mengajukan surat untuk membahas hal tersebut.

“Perpanjangan itu masih sebatas wacana. Kami masih rapatkan dulu bersama pengelola dan nanti keluar surat keputusan dari Bupati seperti apa. Yang jelas itu arahnya tetap menjadi pusat perbelanjaan,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (21/1/2018).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif