News
Minggu, 21 Januari 2018 - 09:30 WIB

KISAH UNIK : Inggris Punya Menteri Urusan Kesepian, Apa Tugasnya?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tracey Crouch, Menteri Urusan Kesepian Inggris (Telegraph.co.uk)

Negara Inggris memiliki menteri yang bertugas mengatasi masalah kesepian yang dialami warganya.

Solopos.com, LONDON – Sedih merupakan perasaan alamiah yang dialami setiap orang. Namun, jika dibiarkan berlarut-larut, kesedihan akan merusak tubuh dan pikiran. Nah, Perdana Menteri Inggris, Theresa May, memiliki cara unik untuk mengatasi kesedihan warga negaranya.

Advertisement

Dikutip dari The Sun, Sabtu (20/1/2018), Theresa May menunjuk seorang politisi bernama Tracey Crouch menduduki jabatan sebagai Menteri Urusan Kesepian. Beban tugas Tracey Crouch yang sebelumnya merupakan Menteri Olahraga dan Komunitas Sipil tentu akan bertambah. Sebagai Menteri Urusan Kesepian, ia bakal menangani masalah kesepian yang dialami warga Inggris akibat perubahan zaman.

Meski cukup unik, Tracey Crouch menerima tugas tersebut dengan senang hati. Dia berharap pemerintah mendukung program yang diajukannya untuk mengatasi masalah kesepian. Dia juga ingin rakyat Inggris mendukung program yang dicanangkannya. “Saya yakin dengan dukungan Anda semua masalah kesepian akan teratasi dengan mudah,” ungkapnya.

Bukan tanpa alasan, jabatan ini diberikan berdasarkan laporan yang diterbitkan laman Jo Cox Commission on Loneliness. Laporan itu menyebut lebih dari sembilan juta warga Inggris merasa kesepian. Selain itu, ada sekitar 200.000 warga berusia lanjut yang tidak memiliki teman untuk berbincang. Lebih lanjut, disebutkan pula sekitar 85 persen orang dewasa penyandang disabilitas berusia 18-34 tahun yang merasa kesepian.

Advertisement

Oleh sebab itu, Theresa May memutuskan membentuk kementerian baru yang khusus menangani masalah kesepian. Dia amat prihatin melihat warga Inggris, terlebih yang berusia lanjut merasa kesepian di hari tua. “Saya sangat prihatin membaca laporan dari Jo Cox. Saya rasa perlu ada perhatian khusus untuk menangani masalah kesepian, khususnya bagi mereka yang berusia lanjut. Kesepian adalah masalah pelik di era modern,” ungkap Theresa May.

Masalah kesepian ini kali pertama diangkat oleh seorang anggota Parlemen Inggris, Jo Cox. Dia pernah membentuk Komisi Urusan Kesepian sebelum tewas dibunuh pada 2016 silam. Adapun penunjukan Menteri Urusan Kesepian yang dilakukan Theresa May adalah tindak lanjut dari komisi yang dibentuk oleh Jo Cox.

Menurut laman Jo Cox Commission on Loneliness, Jo Cox mengalami kesepian sepanjang hidup. Dia benar-benar merasa kesepian karena jauh dari keluarga saat menempuh pendidikan di Cambridge University, Inggris. “Jo Cox pasti senang mengetahui tugas baru Tracey Crouch sebagai Menteri Urusan Kesepian,” demikian pernyataan yang ada di laman media sosial Jo Cox Commission on Loneliness.

Advertisement

Program kerja yang dicanangkan Kementerian Urusan Kesepian Inggris ini akan dirilis pada akhir 2018. Instansi ini menerima masukan dari pemerintah, pejabat, pengusaha, hingga masyarakat awam. Tracey Crouch berharap masalah kesepian di Inggris bisa diatasi dengan baik.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif