Jogja
Sabtu, 20 Januari 2018 - 05:20 WIB

Pelajar Korea Belajar di SMP-SMA Internasional Budi Mulia Dua

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para siswa dari Hosan High School Korea Selatan memberikan penampilannya dalam Farewall Party Program Homestay and Cultural Exchange di Aula SMP dan SMA Internasional Budi Mulia Dua, Jumat (19/1/2018) sore. (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Sebanyak 20 pelajar dan tiga guru Hosan High School, Daegu, Korea Selatan belajar berbagai kegiatan serta kebudayaan Indonesia di SMP dan SMA Internasional Budi Mulia Dua

Harianjogja.com, SLEMAN – Sebanyak 20 pelajar dan tiga guru Hosan High School, Daegu, Korea Selatan belajar berbagai kegiatan serta kebudayaan Indonesia di SMP dan SMA Internasional Budi Mulia Dua sejak Selasa (16/1/2018) hingga Sabtu (20/1/2018). Kegiatan itu digelar melalui program Homestay and Cultural Exchange antar kedua institusi beda negara tersebut.

Advertisement

Koordinator Program Homestay and Cultural Exchange SMP dan SMA Internasional Budi Mulia Dua Rukadah menjelaskan, kegiatan itu sebagai tindak lanjut perjanjian kerjasama yang digelar tahun lalu. Pihaknya sengaja memilih sekolah di Korea untuk bekerjasama karena negara tersebut tergolong maju.

Selain Korea, pihaknya sudah menggelar kerjasama dengan beberapa sekolah di Eropa. Beberapa sekolah itu antara lain berasal dari Belanda, Republik Ceko, Jepang, Jerman, Swiss. Kerjasama dengan sekolah dari luar negeri akan terus diperluas.

Salah satu sasaran kegiatan Homestay and Cultural Exchange adalah pemahaman budaya antar kedua negara. Ia meyakini budaya Korea dan Indonesia ada persamaan maupun perbedaan yang menurutnya penting untuk dipelajari setiap siswa kedua institusi tersebut.

Advertisement

“Kami ingin saling mengenal budaya, merasakan. Sebenarnya tahun lalu kami sudah berkunjung kesana, tahun ini gantian dari sana berkunjung ke sini. Tetapi tahun ini [2018] kami juga merencanakan berkunjung lagi kesana,” terangnya di sela-sela acara Farewall Party Program Homestay and Cultural Exchange di Aula SMP dan SMA Internasional Budi Mulia Dua, Jumat (19/1/2018) sore.

Ia mengatakan, siswanya turut mendapatkan banyak pengalaman melalui kegiatan itu. Ke depan, siswa dari kedua sekolah akan terus berkomunikasi untuk menjalin persahabatan. Sebanyak 20 siswa Hosan High School tersebut selama tinggal di Jogja menempati rumah orang tua siswa. “Orang tua siswa kami menganggap mereka [siswa Hosan] seperti keluarga sendiri,” ungkap dia.

Rukadah meyakini para siswa asal Korea juga mendapatkan banyak pengalaman baru, sejak pertama datang kemudian dikenalkan dengan alat musik tradisional Gamelan, cara membuat batik, memasak dan berkunjung ke sejumlah kekayaan budaya Indonesia seperti Candi Borobudur dan Prambanan.

Advertisement

Guru dari Hosan High School Korea Selatan Kim Tae Woo mengaku mendapatkan banyak pengalaman dari kegiatan tersebut. Pihaknya dapat mengajari siswanya belajar hidup bersama selama tinggal di rumah orang tua siswa dari SMP dan SMA Budi Mulia Dua serta banyak pengalaman dari lingkungan sekolah.

“Kami dapat belajar memasak, membuat makanan, membatik dan kami diajak berkunjung ke Lava Tour [Merapi], siswa kami semua bergembira. Semua menjadi pengalaman menyenangkan dan tidak akan kami lupakan,” ungkap dia.

Ia mengaku senang dengan penyambutan para orang tua dan siswa SMP dan SMA Budi Mulia Dua yang memberikan perhatian selama tinggal di Jogja. Selain itu selama berkomunikasi dengan siswa di sekolah, sebagian besar siswa SMP dan SMA Budi Mulia Dua banyak yang aktif. “Para orang tua menyambut kami dengan senyum dan wajah yang menyenangkan,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif