Jogja
Sabtu, 20 Januari 2018 - 12:20 WIB

Ojek Wisata Kulonprogo Perlu Satgas Kebersihan, Gaji Rp1,3 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung menikmati keindahan objek wisata Kedung Bendho di Dusun Prangkokan, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Selasa (28/3/2017) kemarin. (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tidak segan-segan nantinya akan membuka lowongan pekerjaan untuk adanya Satuan Petugas (Satgas) Kebersihan

Harianjogja.com, KULONPROGO– Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyatakan, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tidak segan-segan nantinya akan membuka lowongan pekerjaan untuk adanya Satuan Petugas (Satgas) Kebersihan di objek wisata (obwis), terutama di kawasan desa wisata.

Advertisement

Menurut dia, nantinya tugas satgas ini akan mengecek titik-titik yang ada di obwis tempat mereka bekerja, apakah masih ada sampah yang berserakan atau tidak. Kondisi kebersihan obwis akan menjadi tanggung jawab mereka.

Hal itu ia nyatakan mengingat persoalan di obwis saat ini adalah soal masih minimnya kesadaran menjaga kebersihan, baik di kalangan wisatawan dan pengelola obwis.

Padahal kebersihan adalah komponen terpenting yang harus dimiliki sebuah obwis, agar dapat bertahan apik dan tetap diminati wisatawan.

Advertisement

“Digaji sesuai upah minimum regional sekitar Rp1,3 juta per bulan tidak apa-apa, tapi mereka harus bertanggungjawab betul dengan kebersihan obwis,” kata dia, Jumat (19/1/2018).

Ia mendukung penuh adanya pengembangan desa wisata di Kulonprogo. Bahkan Pemkab akan membantu mencarikan sumber pendanaan yang bisa menyokong bantuan anggaran mengembangan pariwisata.

Hanya saja, pengembangan itu juga perlu diikuti dengan usaha yang mudah dan murah namun hasilnya terlihat jelas, yaitu menjaga kebersihan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif