Soloraya
Sabtu, 20 Januari 2018 - 10:45 WIB

Bendung Tirtonadi Solo Mampu Menampung Air 1 Juta M3

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Desain pembangunan jembatan kaca di atas Bendung Tirtonadi. (Istimewa/Dok. Konsultan Supervisi Proyek Penanganan Banjir Kota Solo Paket 3)

Bendung Tirtonadi di Kota Solo direvitalisasi.

Solopos.com, SOLO — Kota Solo bakal mempunyai tampungan air dengan kapasitas 1 juta meter kubik setelah dilaksanakan proyek Penanganan Banjir Kota Solo Kota Solo peket 3 (Kali Pepe Hulu) dengan menyasar rehabilitasi Bendung Tirtonadi.

Advertisement

Konsultan Supervisi Proyek Penanganan Banjir Kota Solo Paket 3 (Kali Pepe Hulu), Mohammad Abdullah, mengatakan ada cukup banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan pelaksanaan rehabilitasi Bendung Tirtonadi.

Dia menyampaikan rehabilitasi Bendung Karet berdampak pada penambahan kapasitas tampungan (long storage) menjadi 1 juta meter kubik. Air yang tertampung di Kali Anyar tersebut ke depan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, antara lain menjadi sumber air baku pengolahan air bersih hingga cadangan kebutuhan air yang bisa dialirkan juga ke Kali Pepe hilir.

“Sebelumnya bendung Tirtonadi kan tidak berfungsi. Jadi bisa dikatakan dulu tidak ada tampungan air. Kondisi itu akan berbeda setelah dikerjakan rehabilitasi Bendung Tirtonadi. Bakal ada tambahan kapasitas tampungan air menjadi 1 juta kubik,” kata Abdullah saat diwawancarai

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif