Sport
Jumat, 19 Januari 2018 - 20:25 WIB

LIGA INGGRIS : Manchester City Vs Newcastle: Momen Kebangkitan The Citizens

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manchester City (JIBI/REUTERS/Rebecca Naden)

Liga Inggris akan menyajikan duel Manchester City vs Newcastle.

Solopos.com, MANCHESTER — Persaingan perebutan gelar Liga Premier kembali terbuka setelah Manchester City takluk di markas Liverpool, Stadion Anfield, pekan lalu.

Advertisement

Kini, City terpisah jarak 12 poin dari tetangga mereka, Manchester United, dalam  15 pertandingan tersisa musim ini. Bisa dikatakan, Liga Premier baru saja dimulai. The Citizens, julukan City, tentu tak mau gap itu kembali tergerus akhir pekan ini.

Pada gameweek ke-24, pasukan besutan Josep “Pep” Guardiola akan menjamu Newcastle United di Stadion Etihad, Manchester, Minggu (21/1/2018) pukul 00.30 WIB. Sementara, United bertanding di markas Burnley, Sabtu (20/1/2018) pukul 22.00 WIB.

Bukan hal mustahil apabila Newcastle akan mengopi cara Liverpool untuk mengalahkan City. Meski demikian, sulit meniru blue print Liverpool ketika menjinakkan Coty 4-3, pekan lalu. Newcastle harus benar-benar memiliki pemain yang punya kemampuan melakukan counter-pressing, sekaligus pertahanan kuat untuk meredam amukan The Citizens.

Advertisement

Saat takluk di Anfield, serangan City kerap terhenti karena aksi mengejutkan bek kiri Liverpol, Andrew Robertson. Defender berusia 23 tahun tersebut tampil garang dengan 7 tekel sukses, 7 clearance, dan sekali memenangi duel udara. Bandingkan dengan penampilan bek kiri Newcastle, Javier Manquillo, yang sejauh ini kurang menonjol dengan mengantongi rata-rata 1,8 tekel, 2,5 clearance, dan 0,9 intersep per laga.

Apalagi, City kali ini akan turun di kandang sendiri. The Citizens tidak pernah menelan kekalahan di Etihad pada Liga Premier sejak ditumbangkan Chelsea 1-3 pada Desember 2016. Sejak itu, City meraih 18 kemenangan dan lima hasil imbang dalam 23 pertandingan di hadapan pendukung mereka.

Guardiola mengakui gemuruh di Anfield menjadi salah satu alasan timnya menelan kekalahan untuk kali pertama di Liga Premier Inggris musim ini. “Kami sadar betapa sulitnya Anfield dan betapa agresifnya tim Jurgen Klopp,” jelas Guardiola seusai timnya menelan kekalahan di Anfield, seperti dilansir squawka.com, Jumat (19/1/2018).

Advertisement

City akan menurunkan David Silva yang hanya di parkir di bangku cadangan saat takluk di markas Liverpool. Gelandang asal Spanyol itu on-off dalam laga-laga City sebulan terakhir ini karena alasan keluarga. Namun, sakit perut menjadi penyebab Silva hanya duduk manis di bench pada laga di Anfield lalu.

Sementara Sergio Aguero dituntut menebus kegagalan mencetak gol di markas Liverpool. Penyerang The Citizens itu memiliki reputasi mentereng merobek gawang The Magpies, julukan Newcastle, dengan 11 gol dalam 11 laga di Liga Premier Inggris.

Tidak ada bomber paling menakutkan selain Aguero dalam mengoyak gawang Newcastle, selain Michael Owen (13 Gol) dan Wayne Rooney (15 Gol). Di sisi lain, Aguero sangat tajam ketika bermain di kandang dengan rasio mencetak satu gol atau assist per 31 menit.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif