Dokter Gia bersama bayi yang baru ia bantu persalinannya (Twitter) Dokter Gia bersama bayi yang baru ia bantu persalinannya (Twitter)
Jumat, 19 Januari 2018 08:00 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Peristiwa Share :

Kisah Dokter Gia Bantu Ibu-Ibu Melahirkan di Kamar Mandi

Sebuah kisah inspiratif tentang kelahiran seorang bayi laki-laki viral di media sosial.

Solopos.com, SOLO – Sebuah kisah inspiratif  tentang dokter membantu ibu-ibu melahirkan di sebuah apartemen viral di media sosial (medsos). Karena keterbatasan alat, sang dokter membersihkan bayi yang baru lahir di samping kompor di sebelah wastafel.

Kisah inspiratif tersebut diunggah di akun Twitter milik dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD, Jumat (5/1/2018). Dalam cuitannya, dr. Gia menceritakan detail dia membantu persalinan seorang ibu-ibu yang hampir melahirkan di apartemennya dan hanya ditemani anak pertamanya yang masih SD.

“Beberapa waktu lalu baru pulang dari RS. Pas sampai apartemen, tiba-tiba ibu ketua RW apartemen menelepon dengan nada panik, ” cuit @GiaPratamaMD.

Berdasarkan cerita dr. Gia ada ibu-ibu yang masih satu RW sedang dalam kondisi hampir melahirkan. Namun ibu tersebut di rumah hanya bersama anaknya yang masih SD. Tanpa pikir panjang dr. Gia mendatangi rumah sang ibu sambil membawa alat seadanya. Tak lupa dr. Gia berpesan ke Ibu Ketua RW agar dipanggilkan  bidan terdekat.

Sesampainya di rumah sang ibu yang akan melahirkan dr. Gia mendapati kondisi darurat yang harus segera diambil tindakan. “Saya ditunjukan lokasi ibunya di kamar mandi. Ketika saya buka, seluruh lantai kamar mandi sudah penuh darah dan air ketuban. Kepala bayi sudah keluar. Saya ambil handuk yang tergantung, lalu pimpin persalinan,” cuit @GiaPratamaMD.

Selamat

Perlu beberapa menit akhirnya sang ibu berhasil melahirkan bayi laki-laki dengan selamat. Menurut dr. Gia bayi terlahir normal dan sehat dengan tangisan kencang. “Bu bidan lalu datang, kami bagi tugas, Bu Bidan membantu ibu mengeluarkan plasenta, saya mengurus bayinya,” cuit @GiaPratamaMD.

Dokter Gia kemudian menggambarkan situasi saat ia membersihkan bayi laki-laki baru lahir. Ia membersihkannya di satu-satunya tempat yang tersedia, di dapur, sebelah kompor dan wastafel. Dokter Gia juga mengunggah foto dirinya menggendong bayi tersebut.

Cerita bahagia dari dr. Gia itu mengundang komentar warganet. Ada yang salut, hingga memberi doa untuk dokter dan bidan yang terus berjuang menyelamatkan nyawa manusia.

“Semoga berkah kesehatan terlimpah untuk Pak dokter yang luar biasa. Teruslah mengabdi pada kemanusiaan,” cuit @dede318a.

“Merinding saya dok. Semoga tuhan memudahkan segala urusan dokter sekeluarga, Amiin,” cuit @RasNgapak.

“Salut dengan respons dokter yang cepat sehingga ibu dan bayi selamat. Teruslah mengabdi Dok,” cuit @DedeIcaWijaya2.

“Itulah kenapa Dokter dan Bidan kok ada aja rezekinya buat berhaji. Karena mereka, jutaan nyawa terselamatkan, ibu dan bayinya, salut!,” cuit @arikkonen8.

 

 

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…