Jateng
Jumat, 19 Januari 2018 - 02:50 WIB

E-KTP SEMARANG : Pemkot Kini Delivery Order e-KTP, Wali Kota Antar ke Rusunawa Kaligawe

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyerahkan e-KTP kepada warga Rusunawa Kaligawe, Kota Semarang, Kamis (18/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Humas Pemkot Kota Semarang)

E-KTP yang telah selesai dicetak kini diantar langsung oleh Pemkot Semarang ke warga yang berhak memilikinya.

Semarangpos.com, SEMARANG —Pemkot Semarang menerapkan kebijakan baru mengantar langsung kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang selesai dicetak kepada warga yang berhak memilikinya. Sebagai pembuka, Wali Kota Hendrar Prihadi mengantar langsung e-KTP warga Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kaligawe, Kamis (18/1/2018).

Advertisement

“Hari ini, saya bersama Pak Adi selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengantarkan e-KTP yang dulu sempat tertunda, dan sekarang sudah jadi,” kata lelaki yang akrab disapa Hendi itu saat mengantarkan e-KTP yang sudah jadi milik warga di Rusunawa Kaligawe, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Hendi memastikan seluruh pembuatan e-KTP, khususnya untuk masyarakat Kota Semarang yang sempat tertunda pada 2016 dan 2017, akan segera tuntas dan bisa diterima masyarakat pada awal 2018 ini. Ia menyebutkan total e-KTP yang sudah jadi sekarang ini sebanyak 20.000 keping yang akan langsung diantarkan ke rumah warga dalam minggu ini sampai targetnya April 2018 sudah rampung.

“Pendistribusian e-KTP ini akan terus dilakukan secara bertahap pada awal tahun ini. Targetnya, sampai April 2018 seluruh masyarakat yang e-KTP-nya belum jadi sudah bisa menerima semua,” katanya.

Advertisement

Selanjutnya, sambung dia, warga yang mengurus e-KTP mulai 2018 diupayakan jadi hanya dalam waktu empat hari, kemudian dikirimkan ke kecamatan, diteruskan ke kelurahan agar bisa diantar langsung ke rumah warga. “Ini bagian dari komitmen kami untuk melakukan perbaikan manajemen pelayanan di Disdukcapil Kota Semarang. Yang kami butuhkan saat ini laporan dari masyarakat. Bila ada kendala, segera laporkan,” tegasnya.

Dengan adanya laporan dari masyarakat, kata Hendi, Pemerintah Kota Semarang sangat senang karena segera bisa ditindaklanjuti untuk mengatasi persoalan yang dikeluhkan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Semarang Adi Trihananto menyebutkan sebanyak 20.000 e-KTP yang dibagikan Pemkot Semarang tersebut adalah yang masa rekamnya antara Juni 2016-November 2017. “Untuk warga yang melakukan perekaman data pada November 2017 sedang kami kerjakan agar segera tuntas. Targetnya, bisa kami bagikan pada April 2018,” kata mantan Sekretaris Daerah Kota Semarang itu.

Advertisement

Pola pengiriman langsung e-KTP kepada warga, diakuinya merupakan bentuk pelayanan yang diberikan agar masyarakat tidak perlu bolak-balik ke Kantor Disdukcapil untuk mengambil e-KTP.

Salah seorang warga Kaligawe, Semarang, Marsoni, mengaku puas dengan pola pengantaran langsung e-KTP kepada warga sebagai salah satu pelayanan yang diberikan Disdukcapil Kota Semarang. “Ya, seperti delivery order. Kami sudah mengurus, kalau sudah jadi, diantar. Di sini, ada 50 warga yang mengurus e-KTP, dan 20 warga sudah menerima e-KTP,” papar Ketua RW VIII Kaligawe itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif