Ilustrasi kejuaraan anggar. (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi kejuaraan anggar. (JIBI/Solopos/Dok.)
Kamis, 18 Januari 2018 08:35 WIB Taufid Sidik Prakoso/JIBI/SOLOPOS Klaten Share :

PENDIDIKAN KLATEN
Keren! SMA Muhammadiyah 1 Klaten Ikut Kejuaraan Anggar Internasional

Dua siswa SMA Muhammadiyah 1 Klaten ikut kejuaraan anggar internasional di Malaysia.

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak dua siswa SMA Muhammadiyah 1 Klaten mengikuti kejuaraan anggar internasional bertajuk South East Asia Fencing Federation (SEAFF) Championship 2018 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Kedua siswa itu berasal dari kelas bakat istimewa olahraga (BIO).

Kedua siswa adalah Ichwan Zulkarnain dari kelas X IPA 4 program kelas BIO serta Yulian M. Adhitama dari kelas XII IPA 4. (baca: PENDIDIKAN KLATEN : SMKN 2 Klaten Ikut Rintis Produksi Mobil Pedesaan untuk Petani)

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Aris Munawar, mengatakan kedua siswa itu berangkat ke Malaysia pada Rabu (17/1/2018) guna mengikuti kejuaraan yang dihelat pada Kamis-Sabtu (18-20/1/2018).

Aris menjelaskan kedua siswa itu bisa mengikuti kejuaraan anggar tingkat Asia Tenggara lantaran prestasi mereka beberapa waktu terakhir. Keduanya pernah menyabet medali emas serta perak saat digelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Anggar 2016. Pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Anggar Jawa Tengah 2017 lalu, Yulian menyabet medali emas sementara Ichwan menyabet medali perak.

“Prestasi-prestasi itulah membuat kedua siswa kami terpilih untuk ikut pada kejuaraan di Malaysia,” kata Aris saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu.

Kedua siswa berasal dari kelas program BIO. Kelas khusus tersebut diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi di bidang olahraga.

“Sudah lima tahun terakhir program kelas BIO ada di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Untuk program itu kami kerja sama dengan KONI. Pagi siswa mengikuti kegiatan sekolah, pulang mereka kegiatan olahraga sesuai bakat yang dimiliki,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Klaten, Otto Saksono, menjelaskan bentuk kerja sama antara KONI dengan SMA Muhammadiyah 1 Klaten yakni KONI menyiapkan pelatih sesuai dengan olahraga yang diminati siswa. Hal itu dilakukan sebagai bagian pembinaan bibit-bibit atlet di Kabupaten Bersinar.

“Alhamdulillah apabila ada dua siswa yang bisa terkirim ke Malaysia untuk mengikuti kejuaraan anggar. Kedepan, mereka bisa menjadi atlet unggulan KONI. Untuk atlet pelajar, pembinaannya masuk ke Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga,” jelasnya.

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…