Jogja
Kamis, 18 Januari 2018 - 05:20 WIB

Ini 2 Permintaan Khusus dari Gubernur DIY untuk Bandara NYIA

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bandara Adisutjipto (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menginginkan agar New Yogyakarta International Airport (NYIA) membawa misi budaya

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X menginginkan agar New Yogyakarta International Airport (NYIA) tidak hanya menjadi tempat berlabuh dan lepas landas pesawat, tapi lebih dari itu, bandara baru diharapkan membawa misi budaya dan mampu mendongkrak pendapatan masyarakat kecil.

“Harapan Pak Gubernur, sebelum di approve Pemerintah Pusat, harus konsultasi ke pimpinan daerah terkait dengan soal kultur, bagaimana bandara [NYIA] tidak hanya menaikkan dan menurunkan pesawat, tapi ada misi budaya dan mendorong kemajuan UMKM [Usaha Mikro Kecil Menengah],” ujar Anggota Tim Percepatan Pelaksanaan Program Prioritas Pembangunan DIY Danang Parikesit di Kompleks Kepatihan, Rabu (17/1/2018).

Menurutnya, ada dua hal yang mesti ditonjolkan dalam NYIA. Pertama, masalah arsitektur yang membawa gaya khas Jogja. Namun, Danang enggan menyebut desain yang diinginkan Pemda DIY. Sebab, ia meyebut perkara itu mesti disampaikan langsung oleh Sang Raja.

Advertisement

Hal kedua adalah pemberian ruang bagi pelaku UMKM. Danang menyebut, keberadaan NYIA tidak hanya diperuntukkan bagi pemain [pemodal besar] seperti yang selama ini jamak dipikirkan orang-orang.

“Bandara tidak hanya membawa misi transportasi, tapi juga peningkatan ekonomi rakyat. Orang-orang selama ini menilai bandara hanya untuk pemain besar, tapi nanti akan ada ruang bagi display UMKM,” tambahnya.

Danang menambahkan, nantinya budaya Jogja juga akan banyak ditampilkan pada NYIA. Kebudayaan jogja akan tampil, bukan hanya pada visual konvensional seperti arsitektur, tapi, juga melalui media terkini menggunakan teknologi virtual reality.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif