News
Kamis, 18 Januari 2018 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 18 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu bangunan sekolah di Koindu, Sierra Leone yang hancur akibat Perang Saudara. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 18 Januari dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 18 Januari. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 18 Januari, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

350
Magnentius berhasil menggulingkan Kaisar Romawi Konstans dari takhtanya. Magnentius kemudian mengklaim dirinya sebagai kaisar Romawi dan memimpin Kekaisaran Romawi sampai akhir hidupnya pada 11 Agustus 353.

474
Leo II yang masih berusia tujuh tahun diangkat sebagai kaisar di Kekaisaran Romawi Timur menggantikan kakeknya, Leo I. Leo I kemudian hanya memimpin Kekaisaran Romawi Timur selama 10 bulan setelah dirinya tewas tanpa sebab yang jelas. Ia kemudian digantikan ayahnya, Zeno.

Advertisement

474
Leo II yang masih berusia tujuh tahun diangkat sebagai kaisar di Kekaisaran Romawi Timur menggantikan kakeknya, Leo I. Leo I kemudian hanya memimpin Kekaisaran Romawi Timur selama 10 bulan setelah dirinya tewas tanpa sebab yang jelas. Ia kemudian digantikan ayahnya, Zeno.

James Cook. (History.com)

1778
Penjelajah asal Inggris, James Cook, tiba di wilayah Hawaii dan menjadikannya sebagai orang Eropa pertama yang tiba di Hawaii. Kala itu, Cook menamai wilayah Hawaii dengan sebutan Kepulauan Sandwich.

Advertisement

1919
Konferensi Perdamaian Paris dibuka di Istana Versailles, Paris, Prancis. Konferensi itu bertujuan agar Blok Sekutu dan Blok Sentral mencapai kesepakatan damai demi mengakhiri Perang Dunia I secara keseluruhan.

1945
Pasukan Uni Soviet berhasil membebaskan Kota Krakow di Polandia dari cengkeraman Jerman. Sebelumnya, Jerman telah menguasai wilayah Krakow sejak 1939.

Josep Guardiola Sala. (Telegraph.co.uk)

Advertisement

1971
Josep Guardiola Sala lahir di Santpedor, Spanyol. Namanya kemudian dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Eropa, yakni Barcelona dan AS Roma. Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola pada 2006, Guardiola menjadi pelatih Barcelona pada 2008 sampai 2012 dan bayern Munchen sejak 2013 sampai 2016. Sejak 2016 lalu, pria yang akrab disapa Pep itu memutuskan untuk melatih salah satu raksasa di Liga Inggris, Manchester City.

Kondisi di Karantina, Beirut Lebanon pada 1976. (Wikimedia.org)

1976
Tak kurang dari 1.500 orang tewas dibantai di Karantina, Beirut Lebanon. Peristiwa tragis di masa Perang Saudara Lebanon itu diduga dilakukan kelompok militan kristen Lebanon. Kini, peristiwa tragis itu dikenang dengan sebutan Pembantaian Karantina.

Advertisement

2002
Perang Saudara Sierra Leone yang berlangsung sejak 23 Maret 1991 dinyatakan berakhir dengan kemenangan pasukan pemerintah Sierra Leone atas pasukan Revolusi. Perang yang berlangsung hampir 11 tahun itu menelan sedikitnya 50.000 korban jiwa dan memicu 2,5 juta orang mengungsi.

2009
Kelompok Hamas mengumumkan bahwa mereka bersedia menerima tawaran gencatan senjata dari Pasukan Pertahanan Israel demi mengakhiri pertikaian. Sebelumnya, Hamas dan Israel terlibat konflik dengan Israel di Jalur Gaza dan Israel Selatan sejak 27 Desember 2008. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Januari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif