Soloraya
Rabu, 17 Januari 2018 - 22:15 WIB

Satu Lagi Biro Umrah Bermasalah di Soloraya Diprediksi Meledak Tahun Ini

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Puluhan korban Hannien Tour mendatangi Mapolresta Solo menuntut uang pendaftaran umrah dikembalikan, Selasa (2/1/2018). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Perpuhi memprediksi akan ada satu biro umrah bermasalah di Soloraya yang meledak tahun ini.

Solopos.com, SOLO — Persaudaraan Pengusaha Travel Umrah Haji Indonesia (Perpuhi) menemukan ada tiga biro umrah di Soloraya yang terindikasi bermasalah. Ketiga biro tersebut dua di antarannya Hannien Tour dan Abu Tours dan Travel.

Advertisement

“Kami sejak tahun lalu mendeteksi adanya tiga biro umrah di Soloraya terindikasi bermasalah. Ternyata benar Hannien Tour meledak akhir tahun lalu. Kemudian awal tahun ini giliran muncul Abu Tours dan Travel,” ujar Ketua Perpuhi Solo, Her Suprabu, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu (17/1/2018).

Menurut Suprabu, satu lagi biro umrah bermasalah diprediksi meledak tahun ini dengan kerugian lebih besar dibandingkan First Travel. Inisial biro umrah tersebut adalah SBL dan kantornya berada di Karanganyar.

Advertisement

Menurut Suprabu, satu lagi biro umrah bermasalah diprediksi meledak tahun ini dengan kerugian lebih besar dibandingkan First Travel. Inisial biro umrah tersebut adalah SBL dan kantornya berada di Karanganyar.

“Perpuhi sangat prihatin dengan munculnya biro umrah terjerat masalah hukum di Solo. Kami sebenarnya sudah berusaha keras melakukan pencegahan agar kasus serupa tidak terulang. Namun, masih banyaknya biro umrah yang belum bergabung di Perpuhi menyulitkan pengawasan di lapangan,” kata dia.

Baca:

Advertisement

Korban Hannien Tour Capai 1.800 Orang dengan Kerugian Rp37,8 Miliar

Ia menjelaskan kalau seperti itu jadinya calon jemaah umrah yang menjadi korban. Sebagian besar korban adalah orang yang baru kali pertama berangkat umrah. Sementara orang yang sudah pernah lebih dari dua kali umrah, pastinya berpikir ulang ketika ada tawaran promo umrah murah.

“Orang yang baru kali pertama umrah sangat tertarik dengan harga murah. Kami mendesak agar Kemenag [Kementerian Agama] segera menentukan batas bawah dan atas biaya umrah di Indonesia agar tidak ada lagi ditemukan biro umrah nakal,” kata dia.

Advertisement

Kemenag, lanjut dia, juga harus mengawasi sistem pengelolaan biro umrah agar tidak terjerat masalah keuangan. Ia menilai selama ini masih ada biro yang menerapkan multi level marketing (MLM) dan mengandalkan dana dari umat dalam mengelola biro umrah.

Ia mengatakan perkembangan biro umrah di Solo tahun lalu naik 25% sampai 30%. Kenaikan pertumbuhan biro umrah disebabkan banyak maskapai penerbangan yang membuka rute Solo-Jeddah via Bandara Adi Soemarmo di Boyolali.

“Kami tahun ini akan lebih gencar melakukan sosialisasi ke warga agar tidak mudah menjadi korban biro umrah nakal. Sosialisasi melibatkan semua anggota Perpuhi di Soloraya,” kata dia.

Advertisement

Kasatreskrim Polresta Solo Kompol Agus Puryadi mewakili Kapolresta Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo mengatakan sampai sekarang belum menerima aduan dari jamaah umrah dari biro Abu Tours dan Travel. Petugas masih melakukan pengawasan di lapangan sambil menunggu adanya aduan resmi ke polisi.

“Kami akan menindaklanjuti setiap ada laporan calon jemaah umrah yang merasa ditipu biro umrah. Selama belum ada laporan belum bisa memintai keterangan pemilik biro umrah,” kata dia.

Seorang calon jemaah umrah Abu Tours dan Travel asal Laweyan, Mega Fortuna, mengungkapkan pada 2016 mendaftar umrah dengan biaya Rp14 juta untuk dua orang bersama suaminya. Rencanaya dia berangkat umrah 4 Januari 2018. Namun, dia gagal berangkat karena biro umrah Abu Tours dan Travel mengonfirmasi visa belum keluar.

“Kami bisa menerima alasan tersebut. Namun, jika Februari nanti gagal berangkat umrah akan meminta pertanggungjawaban Abu Tours dan Travel,” kata dia.

Ia mengaku kecewa dengan penundaan ini karena sudah berpamitan dengan tetangga. Selain itu, surat izin cuti kerja untuk berangkat umrah sudah diberikan perusahaan.

Pimpinan Abu Tours dan Travel Solo, Rusman Rachman, tidak bisa memberikan tanggapan terkait pernyataan Perpuhi itu. Ia menegaskan yang memiliki kewenangan memberikan komentar soal itu adalah pimpinan pusat di Makassar.

“Kami sudah mendapatkan kepastian calon jemaah umrah yang gagal berangkat Januari akan diberangkatkan pertengahan Februari,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif