Jogja
Selasa, 16 Januari 2018 - 16:55 WIB

Terjepit Karang di Pantai Nguyahan, Wisatawan Patah Kaki

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana di Pantai Nguyahan, Jumat (9/1/2015). Dengan menggunakan dana dari program pengentasan kemiskinan, Kecamatan Saptosari bersolek untuk mempercantik kawasan wisata di sana. (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

SAR terus mengimbau wisatawan untuk selalu berhati-hati saat bermain atau berwisata ke Pantai

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--SAR terus mengimbau wisatawan untuk selalu berhati-hati saat bermain atau berwisata ke Pantai, walaupun terlihat aman namun harus selalu waspada.

Advertisement

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Surisdiyanto, mengatakan wisatawan harus selalu waspada, karena kondisi laut atau pantai sulit diprediksi.

“Belum lama ada wisatawan yang terkena karang itu juga. Ya imbauannya selalu hati-hati saja, patahi larangan-larangan jangan melanggar aturan yang ada,” katanya Minggu (15/1/2018).

Namun Suris mengatakan tidak bisa juga melarang terlalu banyak, karena kebanyakan wisatawan yang pergi ke pantai tidak hanya melihat-lihat. Mereka kebanyakan ingin bermain air di Pantai.

Advertisement

Saat ini menurut Suris wisatawan tidak mengindahkan himbauan-himbauan dari petugas, sehingga kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkanpun masih sering terjadi.

Selain permasalahan karang yang perlu diwaspadai para pengunjung, masalah biota laut yang tidak dikenal juga perlu diwaspadai. Jika wisatawan tidak mengenal biota laut tersebut diharapkan Suris tidak mendekatinya, apalagi menggunakan untuk bermain.

Terkait kekuatan personil SAR untuk pengawasan pantai menurutnya juga masih kurang. “Sebenarnya sudah ada wacana penambahan personil beberapa tahun lalu, tapi mungkin karena keterbatasan anggaran belum jadi realisasinya,” kata Suris.

Advertisement

Saat ini jumlah personil yang ada yaitu 55 orang dengan total jumlah pantai 22, dan yang saat ini baru ada 16 pantai yang ada tim SAR, karena dirasa kunjungannya yang ramai.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar), Gunungkidul, Hary Sukmono juga mengharapkan wisatawan selalu waspada. “Walaupun adanya asuransi wisatawan, tetap kami imbau selalu hati-hati saat berwisata di Pantai,” kata Hary.

Kewaspadaan itu perlu ditingkatkan, karena menurutnya kawasan wisata di Pantai Gunungkidul, kawasan pantai yang berkarang. Maka itu harus menjadikan masyarakat lebih berhati-hati.

Sebelumnya Minggu (14/1/2018) salah seorang wisatawan asal Solo, terseret arus dan terjepit karang di Pantai Nguyahan, Kanigoro, Saptosari. Akibat kejadian itu, wisatawan tersebut mengalami patah kaki.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif